Telur Ayam atau Telur Bebek?

By willa widiana, Minggu, 10 Desember 2017 | 04:35 WIB
Telur Ayam atau Telur Bebek (willa widiana)

Ada telur ayam, telur bebek, hingga telur puyuh. Kira-kira, mana yang lebih Teman-teman suka? Telur ayam atau telur bebek?

Sekilas, telur ayam dan telur bebek terlihat sama, hanya warna cangkangnya saja yang berbeda. Namun, jika ditelusuri lebih jauh, telur ayam dan telur bebek itu memiliki banyak perbedaan, terutama kandungan zat yang ada di dalamnya, seperti:

Vitamin

Kuning telur ayam dan telur bebek sama-sama memiliki vitamin A, B6, B12, D, E, dan riboflavin. Namun, ukuran kuning telur bebek biasanya lebih besar daripada kuning telur ayam. Jadi, jumlah vitamin dan zat lain pada telur bebek lebih banyak daripada telur ayam.

Karbohidrat, Protein, dan Mineral

Jumlah karbohidrat pada telur bebek dan telur ayam sama banyaknya. Namun, kandungan protein pada telur bebek sedikit lebih banyak daripada telur ayam. Untuk kandungan mineralnya, kedua telur itu sama-sama mengandung zat besi, mangan, dan kalium. Namun, telur ayam memiliki mineral sedikit lebih banyak pada telur bebek.

Baca Juga: Membedakan Telur Segar dengan Telur Busuk

Kolesterol dan Lemak

Telur bebek dan telur ayam sama-sama mengandung lemak jenuh. Jumlah lemak jenuh pada kedua telur ini hampir sama. Selain lemak jenuh, kedua telur ini juga mengandung lemak tak jenuh. Lemak tak jenuh pada telur bebek lebih banyak, daripada telur ayam.

O iya, telur bebek dan telur ayam juga mengandung kolesterol, lo! Kandungan kolesterol pada telur bebek lima puluh persen lebih banyak, daripada telur ayam.

Itulah kandungan yang ada di dalam telur ayam dan telur bebek. Menurut Teman-teman, manakah yang lebih bagus? Telur ayam atau telur bebek?

Foto: Creative Commons