Ribetnya Membuat Gelato

By willa widiana, Sabtu, 9 Desember 2017 | 09:04 WIB
Ribetnya Membuat Gelato (willa widiana)

Teman-teman mungkin sudah tahu dengan gelato. Makanan manis dan lembut dari Italia ini tidak bisa dibuat sembarangan, lo! Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membuat gelato.

Udara

Gelato dibuat menggunakan mesin khusus. Supaya mengembang, diperlukan udara saat proses pembuatan gelato berlangsung. Udara yang digunakan untuk membuat gelato hanya sepertiga, dari udara yang digunakan untuk membuat es krim. Karena udara yang digunakan lebih sedikit, maka tekstur gelato pun tidak mengembang es krim (sedikit lebih padat).

Lemak

Lemak yang ada di dalam gelato tidak boleh lebih dari delapan persen. Saat membuat gelato, pembuat gelato harus tahu kandungan lemak yang ada di dalam buah. Jika buah itu sudah mengandung banyak lemak (contohnya alpukat), maka si pembuat gelato tidak boleh memberi lemak tambahan pada bahan gelato. Ribet, ya!

Gula

Rasa manis pada gelato seharusnya berasal dari buah atau cokelat. Namun, tidak semua buah punya kandungan gula yang cukup. Jadi, kadang, pembuat gelato suka menambahkan gula. Namun, gula yang ditambah biasanya hanya sedikit sekali. Jika terlalu banyak, dikhawatirkan akan mengalahkan rasa alami buahnya.

Bahan Alami

Gelato dibuat dari susu. Di Italia, pembuat gelato selalu menggunakan susu segar yang baru keluar dari peternakan. O iya, untuk menjaga rasa gelato, perusahaan pembuat gelato biasanya punya kebun buah sendiri. Jadi, buah yang digunakan benar-benar segar.

Baca Juga: Asal Mula Gelato, Es Krim Lembut dari Italia

Suhu

Es krim bisa disimpan di suhu 0 derajat celcius. Gelato berbeda, gelato harus disimpan di suhu minus 14 derajat celcius. Mesin untuk menyimpan gelato biasanya lebih mahal. Jadi, Teman-teman jangan heran kalau harga gelato juga lebih mahal.

Itulah beberapa keribetan dalam membuat gelato. Ternyata, ada banyak hal yang harus diperhatikan salam satu scoop gelato.

Sumber: Kompas.com, Foto: pexels.com