Inilah Isi Pesan SMS yang Pertama Kali Dikirim

By Cirana Merisa, Minggu, 10 Desember 2017 | 08:35 WIB
SMS pertama kali dikirim pada tanggal 3 Desember 1992 oleh Neil Papworth. (Cirana Merisa)

Biasanya kita mengirim pesan melalui Whatsapp, Line, atau aplikasi lain. Sebelum internet berkembang, orang-orang mengirim pesan melalui SMS. Kira-kira apa, ya, SMS pertama yang dikirim?

Pesan Singkat

Saat diciptakan ponsel, orang-orang berkomunikasi dengan menelepon. Belum ada layanan pesan singkat apalagi aplikasi pesan berbasis internet, seperti Whatsapp dan Line. Nah, para ilmuwan akhirnya menciptakan suatu teknologi baru yaitu pesan singkat atau short message service (SMS).

Baca juga: WWW Pertama di Dunia

SMS Pertama

SMS pertama kali dikirim pada tanggal 3 Desember 1992 oleh Neil Papworth, seorang insinyur asal Inggris. Pada waktu itu, ia mengirim SMS ke ponsel milik direktur Vodafone, Richard Jarvis. Pesannya itu sangat sederhana, lo, yaitu hanya ucapan Natal yang bertuliskan “Merry Christmas”. 

Walaupun SMS itu dikirim ke ponsel, tapi Neil mengirimnya melalui komputer karena saat itu ponsel hanya bisa menerima pesan teks dan bukan mengirim. Layanan pesan singkat baru dirilis di ponsel pada tahun 1993.

Baca juga: Login, Pesan Pertama di Internet

Perkembangan SMS

Pada tahun 1993 juga, layanan SMS komersial pertama tersedia di Finlandia. Nokia menjadi perusahaan pertama yang merilis ponsel yang bisa mengirim SMS. Namun saat itu, SMS tidak langsung menjadi layanan favorit pengguna ponsel. Berkat usaha Matti Makkonen, seorang insinyur asal Finlandia yang juga bekerja di perusahaan Nokia, layanan SMS berhasil berkembang seperti sekarang.

Pada awal tahun 2000an, SMS baru mengalami perkembangan yang pesat. SMS mulai banyak digunakan oleh orang-orang yang menggunakan ponsel. SMS dianggap jauh lebih praktis karena tidak perlu memakan waktu lebih karena pengguna bisa menunda untuk membalas pesan, tidak seperti telepon yang harus diangkat saat itu juga.

Baca juga: Apa Judul Lagu Pertama di Dunia?

SMS Sekarang

Dengan hadirnya internet, semakin banyak pula aplikasi pengirim dan penerima pesan singkat berbasis internet. Hal ini membuat SMS secara perlahan tergeser oleh kemajuan teknologi. Walaupun begitu, SMS dianggap tidak akan mati karena SMS tidak menggunakan koneksi internet sehingga saat kita berada di area yang tidak tersambung internet, kita masih bisa menggunakan SMS.