Unik, Tubuh Dinosaurus Ini Seperti Gabungan Tubuh Hewan Lain

By Cirana Merisa, Senin, 11 Desember 2017 | 05:05 WIB
Dengan tubuh yang unik seperti ini, Halszka bisa bertahan hidup pada zamannya. (Cirana Merisa)

Dinosaurus yang satu ini memiliki bentuk tubuh yang unik, lo. Bagian-bagian tubuhnya seperi gabungan dari hewan-hewan lain. Dinosaurus apa, ya, itu?

Dinosaurus Halszka

Halszka atau Halszkaraptor escuilliei adalah salaah satu dinosaurus yang bertubuh unik. Cakarnya seperti cakar milik Velociraptor, sayapnya seperti penguin, kakinya seperti burung kuntul, lehernya fleksibel seperti hewan predator, dan kepalanya seperti bebek yang bergigi. Wah, gabungan yang unik, ya, teman-teman.

Baca juga: Inilah Dinosaurus yang Unik, Mulai dari Terberat Sampai Terpintar

Bertahan Hidup

Banyak yang bilang kalau Halszka mengalami evolusi yang salah karena bentuk tubuhnya yang tidak seperti dinosaurus pada umumnya. Namun sebenarnya dengan tubuh yang seperti ini, Halszka bisa bertahan hidup pada zamannya, lo.

Kakinya yang panjang bisa membuat dinosaurus ini berlari cepat. Leher yang panjang dan lentur serta tangannya yang seperti penguin membuatnya bisa berenang. Jangan lupa gigi kecilnya yang tajam bisa membantunya menggigit mangsanya dengan ganas.

Baca juga: Ratusan Fosil Telur Pterosaurus Ditemukan di Tiongkok

Saudara Velociraptor

Fosil Halszka sebagian masih tertanam di batu dan masih utuh berbentuk kerangka. Para peneliti awalnya ragu tentang keaslian fosil ini karena bentuk tubuhnya yang unik. Namun setelah diteliti, akhirnya mereka mengetahui bahwa Halszka ternyata merupakan spesies baru yang masih bersaudara dengan dinosaurus berjenis Velociraptor.

Sumber: Kompas.com