Toilet Pintar di Halte Transjakarta

By Sylvana Toemon, Senin, 11 Desember 2017 | 06:45 WIB
Toilet pintar di halte transjakarta (Sylvana Toemon)

Tidak semua halte transjakarta menyediakan toilet untuk penumpang. Kita harus menuju halte tertentu yang menyediakan toilet. Nah, sekarang ada toilet khusus di halte-halte transjakarta. Namanya toilet pintar (smart toilet). Seperti apakah toilet ini?

Baca juga: Stop! Jangan Ditahan Kalau Ingin Pipis

Baru Ada di Beberapa Halte

Toilet ini baru ada di beberapa halte tertentu. Untuk ke depannya, toilet pintar ini akan diperbanyak. Penumpang transjakarta akan merasa lebih nyaman kalau harus ke toilet. Toilet ini pintunya selalu tertutup dan dalam keadaan bersih. Dalam masa perkenalan, toilet ini dapat digunakan dengan gratis.

Baca juga: 3 Toilet Keren di Dunia

Toilet Otomatis

Toilet pintar ini ada 2 model, yaitu yang jongkok dan yang duduk.  Toilet ini dikatakan pintar karena menggunakan sistem otomatis. Pintu dapat dibuka dengan cara tap kartu di alat yang disediakan di pintu masuk. Lampu, kipas angin dan alat pengharum otomatis menyala. Keran air dan alat pengering tangan di toilet ini juga menggunakan sensor gerak otomatis. O ya, toilet ini dirancang untuk dapat digunakan oleh orang yang difabel.

Baca juga: Kursi Prioritas di Angkutan Umum

3 Lampu Penanda

Di depan pintu toilet ini ada 3 lampu penanda yang warnanya hijau, kuning, dan merah. Warna hijau menunjukkan toilet kosong dan dapat digunakan. Lampu kuning menunjukkan bahwa toilet sedang digunakan oelh orang lain. Lampu merah menandakan toilet sedang tidak dapat digunakan.