Asal-usul Mangkuk Ayam Jago

By willa widiana, Senin, 11 Desember 2017 | 10:05 WIB
Asal Usul Mangkuk Ayam Jago (willa widiana)

Teman-teman mungkin sudah tidak asing dengan mangkuk putih bergambar ayam jago. Yap, mangkuk ini selalu digunakan oleh penjual bakso atau mi ayam keliling. Bicara soal mangkuk ayam jago, kira-kira ada yang tahu tidak, bagaimana asal usul mangkuk ayam jago itu?

Dinasti Ming

Daerah Jingdezhen, Provinsi Jiangxi terkenal sebagai daerah penghasil keramik. Keramik yang dibuat di daerah ini biasanya digunakan oleh orang-orang istana, termasuk Kaisar Chenghua (1465 - 1487) dari Dinasti Ming.

Kaisar Chenghua memesan empat buah mangkuk ke daerah Jingdezhen. Beliau meminta pengrajin mangkuk untuk memberi gambar ayam jago dan ayam betina di mangkuk pesanannya. Mangkuk pesanan beliau terkenal dengan sebutan Jigangbei (mangkuk ayam).

Disukai Kaisar

Mangkuk ayam yang dipesan oleh Kaisar Chenghua disukai oleh kaisar-kaisar lain, seperti Kaisar Wanli dan Kaisar Kangxi dari Dinasti Qing. Pada masa Dinasti Qing, mangkuk ayam mulai dibuat untuk masal. Semua orang bisa menggunakan mangkuk motif ayam jago.

Disukai Petani

Saat dibuat untuk masal, banyak petani di Tiongkok yang menggunakan mangkuk ini. Bagi para petani, ayam jago adalah hewan yang selalu membangunkan mereka di pagi hari untuk memulai pekerjaan di ladang. Karena alasan itu, para petani pun menjadikan ayam jago sebagai lambang kerja keras.

Menyebar

Pada awal abad ke-20, masyarakat Tiongkok banyak yang merantau ke negara-negara di Asia Tenggara. Saat merantau, mereka membawa beberapa hal, salah satunya adalah mangkuk ayam jago. Sejak saat itulah, mangkuk ayam jago terkenal dan digunakan oleh banyak orang, termasuk penjual bakso dan mi ayam yang ada di Indonesia.

Baca Juga: Mangkuk Koran, Wadah Aksesoris

O iya, gambar ayam dan tanaman yang ada di dalam mangkuk itu punya arti yang bagus, lo! Dalam bahasa Mandarin, ayam jago disebut Ji. Bunyi kata itu mirip dengan Jia yang berarti rumah. Gambar tanaman peoni yang ada dalam mangkuk melambangkan kekayaan, sedangkan gambar pohon pisang melambangkan keberuntungan untuk keluarga.

Itulah kisah tentang asal-usul mangkuk ayam jago.

Sumber: nationalgeographic.co.id, Foto: Vania