Festival Payung Agitagueda di Portugal

By Sylvana Toemon, Selasa, 12 Desember 2017 | 03:10 WIB
Festival Payung Agitagueda di Portugal (Sylvana Toemon)

Setiap pertengahan tahun, ada banyak sekali payung yang digantungkan di jalan kota ini. Festival Payung Agitagueda di Portugal ini menjadi inspirasi bagi banyak daerah lainnya. Festival apakah ini?

Baca juga: Festival di Dunia

Menjelang Musim Panas

Setiap bulan Juli, Kota Agueda berhias payung warna-warni. Payung-payung yang digantungkan di atas ruas-ruas jalan. Gunanya untuk melindungi pejalan kaki yang berjalan di kota ini. Bulan Juli di Portugal adalah saat-saat menjelang musim panas. Payung-payung ini melindungi pejalan kaki dari sinar Matahari. Selain memberikan keteduhan, payung-payung ini menjadi latar belakang yang menarik bagi foto-foto.

Baca juga: Festival La Tomatina

Viral di Media Sosial

Hampir semua orang yang datang ke festival ini memotret payung-payung inwah berwarna-warn itu. Foto-foto payung itu ada yang mengunggahnya ke media sosial dan kemudian menjadi viral. Tradisi memasang payung ini kemudian dilestarikan oleh pemerintah Kota Agueda sejak tahun 2016. Pemerintah kota mengharapkan makin banyak orang yang datang ke kota ini dan memeriahkan Festival Payung Agitagueda.

Baca juga: Bermain dan Belajar di Festival Desa

Memberi Inspirasi

Pemandangan menarik dari payung-payung yang digantung itu memberi inspirasi bagi banyak orang di seluruh dunia. Ada banyak tempat yang membuat dekorasi payung-payung gantung seperti di Festival Agitagueda di Portugal, termasuk di Indonesia. Kalau di Portugal payung-payung itu digunakan untuk berteduh dari sinar Matahari, di Indonesia, payung lebih sering digunakan untuk berteduh dari hujan. Apakah kamu pernah melihat dekorasi payung gantung seperti di Festival Agitagueda.