Wah, Fosil Ini Mirip Darth Vader, lo!

By Cirana Merisa, Selasa, 12 Desember 2017 | 05:45 WIB
Fosil yang diperkirakan berusia 245 juta tahun ini mirip dengan Darth Vader. (Cirana Merisa)

Teman-teman yang suka menonton film Star Wars pasti tahu dengan tokoh bernama Darth Vader. Apa jadinya ya kalau ada fosil yang mirip dengan tokoh antagonis ini?

Mirip Darth Vader

Beberapa peneliti dari New Mexico Museum of Natural History dan University of Colorado di Denver menemukan fosil yang unik dan langka. Fosil yang diperkirakan berusia 245 juta tahun ini mirip dengan Darth Vader, lo. Itulah sebabnya fosil ini dinamakan Vaderlimulus tricki.

Baca juga: Fosil Tertua di Dunia Ditemukan di Greenland

Kepiting Tapal Kuda

Setelah dipelajari, akhirnya mereka mengetahui bahwa fosil ini merupakan fosil kepiting tapal kuda kuno. Kepiting tapal kudang kuno seperti ini memiliki cangkang yang lebar dan lebih kecil daripada cangkang kepiting tapal kuda modern.

Walaupun dinamakan kepiting, sebenarnya hewan ini tidak bisa dianggap kepiting juga, lo. Kepiting jenis ini sebenarnya termasuk dalam keluarga Chelicerata yang lebih dekat dengan laba-laba daripada kepiting modern.

Baca juga: Anak-anak Penemu Fosil Purba

Berasal dari Periode Triassic

Fosil ini diperkirakan berasal dari periode Triassic, yaitu periode saat dinosaurus dan mamalia lainnya baru memulai perkembangan evolusi mereka. Namun beberapa fosil kepiting tapal kuda yang ditemukan sebelumnya itu berasal dari periode sebelum Triassic. Bahkan ada fosil yang diperkirakan berusia 470 juta tahun, lo.

Sumber: Kompas.com