4 Fakta Seputar Kuning Telur

By Yomi Hanna, Selasa, 12 Desember 2017 | 06:05 WIB
Fakta seputar kuning telur (Hanna Vivaldi)

Teman-teman tentu sudah pernah melihat telur, bukan? Kuning telur adalah bagian yang terdapat di tengah dan merupakan makanan bagi embrio. Saat dijadikan makanan, kuning telur adalah sumber utama beberapa vitamin dan mineral. Lalu,apa fakta lainnya, ya?

1. Mengandung Vitamin A

Mungkin teman-teman pernah bertanya, kenapa warna kuning telur berbeda-beda. Nah, ternyata warna tersebut ditentukan oleh banyak atau tidaknya kadar pigmen karotenoid, dan itu berhubungan juga dengan kadar vitamin A yang terkandung di dalamnya.

Dalam satu kuning telur ayam, mengandung vitamin A yang setara dengan setengah vitamin A wortel yang berukuran sedang. Semakin kuning telurnya, maka semakin membuat mata kita sehat, lo!

Baca juga : Telur Ayam Cokelat dan Putih, Mana yang Lebih Sehat?

2. Mengandung Kolesterol Tinggi

Kolesterol dalam kuning telur cukup tinggi. Berdasarkan penelitian, dalam satu butir kuning telur, mengandung sekitar 213 miligram kolesterol. Bagi mereka yang memiliki masalah kolesterol dalam darahnya, mengonsumsi kuning telur tidak dianjurkan. Ini karena sudah melebihi batas dari yang seharusnya, yaitu 200 miligram. Kolesterol memang dibutuhkan oleh tubuh kita untuk membentuk dinding sel, tapi perlu dibatasi asupannya, ya. Ini karena kolesterol juga sering dihubungkan dengan penyakit jantung, stroke, dan sebagainya.

3. Baik untuk Pertumbuhan Rambut

Tidak hanya dikonsumsi, kuning telur mentah juga bisa membantu pertumbuhan rambut, lo. Caranya mudah, hanya dengan mengusapkan kuning telurnya ke bagian akar rambut. Rambut pun bisa tumbuh lebih subur dan terhindar dari kebotakan.

Baca juga : Mengapa Warna Telur Unggas Berbeda-beda?

4. Mengandung Gizi Tinggi

Kuning telur mengandung semua vitamin larut lemak. Misalnya seperti, vitamin A, D, E, dan K. Tidak hanya itu, kuning telur juga mengandung lesitin yang fungsinya sebagai emulsifier.

Nah, itulah bberapa fakta seputar kuning telur. Apakah teman-teman suka kuning telur?