Benarkah Memakai Pakaian Hitam Selalu Lebih Panas daripada Pakaian Putih?

By Yomi Hanna, Selasa, 12 Desember 2017 | 11:06 WIB
Benarkah memakai baju hitam lebih panas dibandingkan dengan baju putih? (Hanna Vivaldi)

Selama ini mungkin kita sering mendengar teori, bahwa menggunakan pakaian berwarna hitam lebih panas jika dikenakan pada siang hari dibandingkan dengan pakaian berwarna putih. Padahal, tidak selalu begitu, lo. Ada saatnya pakaian putih menjadi lebih panas dibandingkan dengan pakaian berwarna hitam dengan bahan yang sama. Bagaimana bisa?

Panas atau Tidaknya Disesuaikan dengan Kondisi Tertentu

Pada dasarnya, pakaian hitam atau gelap memang lebih cepat menyerap panas dibandingkan dengan pakaian berwarna cerah atau putih di bawah sinar matahari. Namun, kondisi seperti ini bisa terjadi karena dipengaruhi oleh kondisi angin di sekitar atau ketat atau tidaknya pakaian tersebut di tubuh kita.

Misalnya seperti, baju putih yang ketat saat dipakai tentunya akan lebih cepat panas daripada baju hitam yang longgar.

Baca juga : Waspada Terhadap Bahaya Baju Baru

Baju Putih Memantulkan Panas Tubuh

Baju putih sifatnya memantulkan panas, sehingga baju putih juga otomatis memantulkan panas yang dikeluarkan oleh tubuh kita yang sedang hangat dan berkeringat. Apalagi, baju yang sempit dan ketat, membuat rasa gerah menjadi lebih susah keluar dari tubuh dari kita.

Baju Hitam Cocok Digunakan Saat Kodisi Bagaimana?

Baju hitam yang agak longgar sangat cocok digunakan dalam ruangan atau tempat yang terdapat banyak angin berembus sepoi-sepoi, dengan kecepatan angin sekitar 10 kilometer per jam. Meski dipakai di bawah sinar matahari terik, tapi jika ada angin seperti itu, maka panas dari dalam tubuh kita juga akan sangat cepat terserap oleh baju hitam tersebut. Sedangkan panas dari udara luar karena matahari, akan cepat terbawa oleh angin.

Baca juga : Kenapa Dokter Mengenakan Pakaian Hijau di Ruang Operasi?

Radiasi Ultraviolet

Radiasi sinar ultraviolet (UV) lebih mudah melewati baju putih, lo, dibandingkan dengan baju berwarna hitam. Ini karena baju putih memiliki kadar pelindung dari sinar matahari atau Sun Protective Factor (SPF) sebesar 7. Namun, menurut penelitian dari Skin Cancer Foundation, saat kita mulai berkeringat dan basah, kadar SPF tersebut akan drastis menurun menjadi 3. Dengan kondisi ini, radiasi sinar UV akan lebih mudah melewati baju putih yang kita kenakan.

Jubah Hitam Penduduk Gurun Pasir

Kebanyakan penduduk di sekitar gurun pasir yang hidup sejak zaman kuno, misalnya seperti orang Bedouin dan Tuareg, menggunakan jubah berwarna hitam. Tidak hanya itu, mereka juga menggunakan tenda hitam. Padahal suhu udara di gurun pasir cukup panas, tapi mereka menggunakan konsep angin berembus. Karena, selain panas, angin juga berembus kencang. Sehingga mereka berpikir bahwa pakaian hitamlah yang cocok untuk kondisi seperti ini. Kebiasaan ini sudah dilakukan selama berabad-abad lamanya.