Benarkah Susu Bisa Mengatasi Keracunan?

By willa widiana, Selasa, 12 Desember 2017 | 07:45 WIB
Benarkah Susu Bisa Mengatasi Keracunan? (willa widiana)

Beberapa orang biasanya memberikan susu pada orang yang keracunan. Apakah hal itu benar? Apakah orang yang keracunan cukup diberikan susu saja? Ayo kita cari tahu!

Menetralkan dan Mengeluarkan

Sebenarnya, susu tidak bisa mengatasi racun. Susu bertugas mengencerkan racun, supaya efeknya tidak terlalu parah. Selain itu, susu juga bertugas membilas racun, jadi tidak ada racun yang menempel di saluran pencernaan.

Setelah itu, racun yang ada di dalam lambung akan dikeluarkan melalui air pipis atau tinja. Namun, memberikan susu pada orang yang keracunan hanya dijadikan pertolongan pertama. Setelah diberi susu, kita harus membawa orang yang keracunan itu ke dokter.

Mengandung Laktosa

Teman-teman mungkin bertanya, kenapa harus memberikan susu? Ternyata, susu mengandung zat laktosa. Zat itu akan dicerna lebih cepat oleh saluran pencernaan kita. Karena lebih cepat dicerna, racun yang sudah diencerkan dan dibilas oleh susu bisa dikeluarkan lebih cepat.

Baca Juga: 5 Tanaman Unik dan Beracun

Sebenarnya, air putih juga bisa mengencerkan dan membilas racun. Namun, air putih tidak punya zat laktosa. Jadi, racun yang sudah diencerkan dan dibilas tidak bisa dikeluarkan dengan segera dari dalam saluran pencernaan.

Ternyata... susu tidak bisa mengatasi keracunan, susu hanya bisa menetralkan dan mengeluarkan racun. Jadi, kalau ada orang yang keracunan, tetap harus dibawa ke dokter, ya!

Ilustrasi: Ode