5 Negara yang Tidak Punya Bandara

By willa widiana, Selasa, 12 Desember 2017 | 08:35 WIB
5 Negara yang Tidak Punya Bandara (willa widiana)

Bandara merupakan salah satu tempat mendaratnya pesawat yang berasal dari dalam dan luar negeri. setiap negara biasanya punya beberapa bandara. Namun, ada juga, lo, negara yang tidak punya bandara. Berikut daftar negara yang tidak punya bandara.

1. Andorra

Andorra adalah negara yang berada di antara Spanyol dan Prancis. Negara ini punya penduduk sebanyak 85.000 jiwa pada tahun 2012. Bobo kurang tahu, kenapa negara ini tidak membangun bandara. Padahal, luas negara ini mencapai 468 kilometer persegi.

Untuk melakukan penerbangan, penduduk Andorra harus pergi ke Bandara Barcelona-El Prat di Spanyol atau ke Bandara Toulouse di Prancis. Untuk mencapai kedua bandara itu, penduduk Andorra harus melakukan perjalanan selama tiga jam terlebih dahulu.

2. Liechtenstein

Negara bernama Liechtenstein ini berada di antara Swiss dan Austria. Negara seluas 160 kilometer persegi ini punya 35.000 jiwa penduduk. Jika penduduk Liechtenstein ingin melakukan penerbangan, mereka harus pergi ke Bandara Utama Zürich atau ke Bandara Umum St. Gallen di Swiss. Jarak dari Liechtenstein ke Bandara Zürich sekitar 130 kilometer, sedangkan jarak ke bandara St. Gallen sekitar 50 kilometer.

3. Kota Vatikan

Negara terkecil di dunia ini hanya punya wilayah seluas 0,44 kilometer persegi dengan penduduk 840 jiwa. Negara ini ada di dalam Kota Roma, Italia. Negara ini tidak punya bandara, namun punya satu buah helikopter yang biasa digunakan oleh kepala negara. Jika penduduknya ingin melakukan penerbangan, mereka harus melakukannya dari Kota Roma, Italia.

4. Monaco

Monaco adalah negara kota yang dibatasi oleh Prancis dan Laut Mediterania. Negara terkecil kedua di dunia ini hanya punya lahan seluas 2,02 kilometer persegi. Padahal, penduduknya mencapai 36.371 jiwa, lo! Penduduk Monaco yang ingin melakukan penerbangan biasanya pergi ke Bandara Côte d'Azur di Nice, Prancis.

Baca Juga: Apa Bedanya Bandara dan Pangkalan Udara?

5. San Marino

San Marino adalah negara yang berada di dalam negara Italia. Negara tertua di dunia ini punya lahan seluas 61 kilometer persegi dan penduduk sebanyak 30.000 jiwa. Sayang, negara unik ini tidak punya bandara. Jadi, penduduknya harus pergi ke Bandara Internasional Federico Fellini di Rimini, Italia jika ingin melakukan penerbangan.

Itulah lima negara di dunia yang tidak punya bandara.

Ilustrasi: Iveta, Kris