Apa Jadinya Jika Asteroid Jatuh ke Bumi?

By Iveta Rahmalia, Selasa, 12 Desember 2017 | 08:55 WIB
Ilustrasi asteroid masuk ke Bumi. (Iveta Rahmalia)

Menurut para ahli, ada beberapa asteroid yang mendekati Bumi. Apa jadinya jika astroid jatuh ke Bumi?

Baca juga: Asteroid Sebesar Bus Mendekati Bumi Pada 12 Oktober 2017

Jika Jatuh ke Daratan

Jika asteroid jatuh ke daratan, akan ada ledakan angin yang terjadi bersamaan dengan gelombang kejut. Angin ini akan bertiup kuat, sampai bisa melemparkan tubuh manusia dan meratakan hutan.

Sementara itu, peningkatan pada tekanan atmosfer akan menciptakan gelombang kejut yang cukup kuat untuk menghancurkan organ dalam manusia.

Asteroid yang jatuh ke darat juga akan membuat udara di sekitarnya menjadi sangat panas, bahkan bisa menyebabkan kematian.

Baca juga: Inilah Asteroid Besar yang Berbahaya bagi Kehidupan di Bumi

Jika Jatuh ke Lautan

Jika asteroid jatuh ke lautan, maka akan tercipta tsunami. Namun, gelombang itu akan semakin menyusut ketika menjauh dari pusatnya. Menurut para ahli, asteroid yang jatuh di daratan akan 10 kali lebih berbahaya daripada yang jatuh di lautan.

Baca juga: Perbedaan Asteroid, Komet, Meteoroid, Meteor, dan Meteorit

Walaupun begitu, kemungkinan asteroid jatuh ke Bumi sangatlah kecil. Asteroid dengan diameter 57 meter diperkirakan hanya jatuh sekali dalam 1500 tahun. Sementara, serangan asteroid berdiameter 400 meter hanya terjadi 100.000 tahun sekali.

Selain itu, asteroid harus berukuran sekitar 18 meter untuk dapat mencapai Bumi. Jika lebih kecil, asteroid itu akan habis terbakar atmosfer Bumi.

Sumber: Kompas.com