Apakah Komet Bisa Menabrak Matahari?

By Cirana Merisa, Sabtu, 16 Desember 2017 | 03:34 WIB
Saat komet kecil mendekati Matahari, komet ini tidak akan bisa menabraknya. (Cirana Merisa)

Kalau komet menabrak Bumi atau planet lain, para astronom sudah bisa memprediksinya. Namun bagaimana dengan Matahari? Bisakah komet menabrak Matahari?

Komet di Ruang Angkasa

Komet merupakan salah satu benda langit yang juga mengorbit Matahari, sama seperti Bumi dan planet lainnya di tata surya kita. Komet tersusun dari material gas dan air yang membeku menjadi es. Orbit komet berbentuk lonjong dan ada saatnya komet bisa menjadi sangat dekat dengan Matahari.

Baca juga: Komet, Si Bintang Berekor

Komet Kecil

Saat komet yang berukuran kecil mendekati Matahari, komet ini tidak akan bisa menabraknya. Suhu Matahari yang sangat panas akan menyebabkan komet akan hancur sebelum sempat menabraknya.

Coba teman-teman bayangkan, ada sebongkah bola salju yang dilemparkan ke api unggun. Bola salju akan berubah menjadi gas tanpa mencair lebih dulu karena suhu di sekitar api unggun yang sangat panas. Nah, seperti itulah komet kecil saat mendekati Matahari. Komet kecil yang sedingin es akan hancur dan pada akhirnya berubah menjadi gas bahkan sebelum menabrak Matahari.

Baca juga: Perbedaan Asteroid, Komet, Meteoroid, Meteor, dan Meteorit

Komet Raksasa

Sedangkan kalau komet raksasa, para ilmuwan memperkirakan tabrakan dengan Matahari bisa saja terjadi walaupun akan menjadi peristiwa yang sangat langka. Kalau ada komet raksasa yang berhasil tertarik masuk ke area gravitasi Matahari, maka komet itu akan melesat dengan sangat cepat dengan kecepatan sekitar 600 kilometer per detik, lo!

Dengan kecepatan seperti itu, komet raksasa ini cukup kuat untuk menabrak Matahari dan menciptakan sebuah ledakan yang serius. Ledakan ini bisa menghasilkan radiasi sinar ultraviolet yang sangat banyak dan tersebar ke wilayah sekitar Matahari, termasuk ke Bumi.

Tapi jangan takut, teman-teman, peristiwa ini kemungkinan tidak akan terjadi. Kalaupun akan terjadi, para astronom pasti sudah menyiapkan segalanya supaya tidak ada komet yang menabrak Matahari.