Kastuba, Si Bunga Natal

By willa widiana, Rabu, 13 Desember 2017 | 05:32 WIB
Kastuba, Si Bunga Natal (willa widiana)

Sebentar lagi Natal tiba. Selain pohon natal dan kado, Natal juga identik dengan bunga kastuba. Ada sedikit cerita tentang kastuba, si bunga natal, nih!

Daun Merah Hijau

Banyak orang menganggap daun merah dari tanaman kastuba sebagai bunga kastuba. Padahal, daun merah itu adalah daun biasa, sama seperti daun yang berwarna hijau. Bunga kastuba ada di ujung batang, dekat dengan pucuk daun yang berwarna merah. Bentuknya bulat kecil dan berkelompok. Bunga kastuba tidak punya mahkota, seperti bunga pada umumnya.

Punya Banyak Nama

Bunga kastuba berasal dari Meksiko, Suku Aztec menyebutnya Cuitlaxochitl. Di Meksiko sendiri, bunga kastuba dijuluki Flor de Noche Buena (bunga hawa natal). Di Spanyol, bunga ini disebut Flor de Pascua (bunga paskah). Di Chili dan Peru, bunga kastuba dijuluki Mahkota Andes. Kalau di Turki, bunga ini disebut bunga Atatürk. Atatürk adalah orang yang mendirikan Republik Turki. O iya, bunga kastuba juga dikenal dengan sebutan bunga poinsettia.

Tanaman Rumah

Bunga kastuba termasuk tanaman yang bisa di pelihara di dalam rumah. Tanaman ini sangat suka cahaya matahari pagi. Jika sudah siang, kita harus menyimpannya di tempat yang teduh. Namun, kita juga bisa menanamnya di depan rumah, sebagai penghias halaman. Jika ditanam di tanah langsung, bunga kastuba bisa tumbuh hingga empat meter. Tinggi, kan?

Baca Juga: Bentuk Kepingan Salju Ternyata Berbeda-beda, Lo!

Banyak Warna

Ternyata... bunga kastuba punya banyak warna, lo! Selain merah, ada juga yang berwarna merah jambu, putih, kuning, ungu, salmon, hingga warna campuran.

O iya, ada sedikit kisah yang berhubungan dengan bunga kastuba.

Konon, pada zaman dulu, ada seorang anak yang kurang mampu. Ia tidak bisa memberikan kado di malam natal. Namun, anak itu ingat akan sebuah nasihat. Di dalam nasihat itu dikatakan, bahwa apapun kadonya, asal kita tulus pasti kadonya akan terasa istimewa.

Di perjalanan menuju gereja, ia memetik setangkai tanaman. Ketika masuk ke dalam gereja, bagian atas tanam itu berubah menjadi merah. Semenjak itu, tanaman yang dipetik oleh anak kecil itu dijadikan hiasan natal. Dan... tanaman itu adalah bunga kastuba.

Itulah, sedikit cerita tentang kastuba, si bunga natal.

Foto: pixabay.com