Telinga Mana yang Lebih Baik untuk Mendengar?

By Cirana Merisa, Rabu, 13 Desember 2017 | 06:56 WIB
Telinga kanan lebih peka untuk mendengar daripada telinga kiri. (Cirana Merisa)

Kita menggunakan kedua telinga untuk mendengar. Tapi sebenarnya telinga mana, ya, yang lebih baik untuk mendengar?

Telinga Kanan dan Kiri

Sebenarnya fungsi telinga kanan dan kiri itu berbeda, teman-teman. Menurut penelitian, telinga kanan akan berfungsi lebih baik untuk mendengarkan kata-kata atau informasi yang lalu disalurkan ke otak kiri untuk diproses.

Baca juga: Inilah Perbedaan Otak Kiri dan Otak Kanan

Sedangkan telinga kiri akan lebih baik menangkap suara musik dan lagu karena telinga kiri bekerja sama dengan otak kanan yang menonjolkan sisi emosi, kreativitas, imajinasi, dan juga seni.

Telinga Kanan

Menurut banyak penelitian, telinga kanan ternyata lebih baik dan lebih peka untuk mendengar daripada telinga kiri. Telinga kanan juga bisa memproses dan menyimpan suara lebih baik. Penelitian juga menemukan bahwa telinga kanan terhubung bukan dengan otak kanan, tapi dengan otak kiri. Otak kiri ini berfungsi memproses kata yang kita dengar.

Baca juga: Kenapa Kita Tidak Boleh Terlalu Sering Membersihkan Kotoran Telinga?

Anak-anak dan Dewasa

Untuk anak-anak berusia 5 sampai 13 tahun, telinga kanan akan jauh lebih baik dibandingkan telinga kiri. Sedangkan untuk orang dewasa, sebenarnya telinga kanan juga lebih baik daripada telinga kiri. Namun ada penelitian yang menunjukkan bahwa kemampuan telinga kanan akan berkurang seiring dengan bertambahnya usia, seperti kemampuan mata, otot, dan lain-lain.