Festival Argungu, Festival Nelayan di Nigeria

By Sylvana Toemon, Sabtu, 23 Desember 2017 | 03:10 WIB
Festival Argungu di Nigeria (Sylvana Toemon)

Bobo.id – Setiap tahun, sungai ini dipenuhi oleh orang yang menangkap ikan. Mereka datang untuk memeriahkan Festival Argungu.

Baca juga: Festival di Dunia

Festival Tahunan

Festival Argungu diadakan setiap tahun di Sungai Matan Fada, Nigeria. Festival ini diadakan selama 4 hari pada akhir bulan Februari atau awal bulan Maret setiap tahunnya. Masyarakat Nigeria berkumpul bersama untuk merayakan festival ini. Ada berbagai macam pertandingan dan perlombaan tradisional yang menjadi bagian festival ini. Antara lain menangkap ikan, balap kano, dan menangkap bebek liar. Hanya laki-laki yang boleh ikut dalam perlombaan ini. Perempuan dan anak-anak kecil memberi semangat dengan membawakan lagu dan tarian.

Baca juga: Festival La Tomatina

Lomba Menangkap Ikan yang Meriah

Salah satu perayaan yang paling meriah adalah lomba menangkap ikan. Lomba ini diikuti ratusan orang yang terjun beramai-ramai ke sungai menangkap ikan. Orang yang berhasil menangkap ikan paling besar akan mendapatkan hadiah. Ikan-ikan di Sungai Matan Fada hanya boleh ditangkap selama festival itu. Pada waktu lain dalam setahun, ikan-ikan ini dibiarkan hidup bebas. Perlu keterampilan khusus untuk menangkap ikan di festival ini. Keterampilan itu diajarkan turun-temurun. Beberapa anak laki-laki bahkan ada yang belajar sambil magang untuk dapat menguasai keterampilan ini.

Baca juga: Bagaimana Ikan Tidur?

Warisan Budaya UNESCO

Festival ini telah sejak lama diadakan di Nigeria, jauh sebelum bangsa Nigeria mendapatkan kemerdekaan. Acara tahunan ini menjadi tempat untuk berkumpul dan menjaga perdamaian di Nigeria. Festival ini juga menjadi sarana melestarikan budaya. Semua orang Nigeria sangat menantikan datangnya festival ini. Festival ini telah dinyatakan sebagai warisan budaya tak benda oleh UNESCO pada tahun 2016 yang lalu.