Mengenal Krampus, Si Penghukum Saat Natal

By willa widiana, Rabu, 13 Desember 2017 | 07:12 WIB
Santa dan Krampus (willa widiana)

Teman-teman mungkin pernah mendengar kata-kata ini, “Anak yang berbuat baik akan mendapat hadiah dari Santa!” Nah, kalau anak yang nakal, mendapat apa? Jawabannya adalah hukuman dari Krampus.

Makhluk Menyeramkan

Krampus adalah makhluk setengah manusia dan setengah kambing. Ia punya bulu lebat dan tanduk di kepalanya. Lidahnya juga panjang dan menjulur, cukup menyeramkan. Krampus berasal dari kramspen itu adalah bahasa Jerman yang artinya cakar. Bentuk krampus mirip dengan fauns dan satyr di Mitologi Yunani.

Baca juga: Misteri Hidung Merah Rudolph, Si Rusa Penarik Kereta Santa Claus

Penghukum Saat Natal Natal

Santa bertugas memberikan hadiah kepada anak yang baik. Krampus bertugas memberikan hukuman kepada anak yang nakal. Menurut cerita rakyat Jerman, krampus biasanya muncul di sekitar kota pada tanggal 5 -6 Desember.

Di tanggal itu, anak-anak  akan melihat sepatu yang mereka tinggalkan di luar rumah. Jika sepatunya berisi hadiah, tandanya anak itu suka berbuat baik. Namun, jika sepatunya berisi tongkat, tandanya anak itu suka berbuat jahat. Tongkat yang diberikan kepada anak nakal itu akan dijadikan alat untuk menghukum.

Baca Juga: Venus, Saudara Kembar Bumi yang Jahat

Kartu Ucapan dan Cokelat

Meski punya bentuk yang seram, serta pekerjaan yang kejam, krampus diciptakan dengan tujuan yang baik, yakni membuat anak-anak nakal menjadi baik. O iya, krampus juga suka dijadikan gambar dalam kartu ucapan dan cokelat natal.

Supaya Teman-teman tidak dihukum oleh krampus, jangan lupa untuk berbuat baik kapan saja, di mana saja, dan kepada siapa saja.

Foto: Max Pixel