Inilah Kompleks Kuil Terbesar di India

By Cirana Merisa, Rabu, 13 Desember 2017 | 09:42 WIB
Kompleks kuil ini memiliki 14 menara kuil, yang paling tinggi berukuran 51 meter. (Cirana Merisa)

Kuil biasanya digunakan sebagai tempat untuk memuja dewa-dewi. Nah, di India ada kompleks kuil terbesar, lo. Wah, seperti apa ya? Yuk, kita intip!

Memuja Dewi Meenakshi

Kompleks kuil terbesar ini berada di pusat kota kuno Madurai, di negara bagian Tamil Nadu, India Selatan. Kuil ini dianggap sama pentingnya seperti bangunan Taj Mahal di India Utara. Kompleks kuil yang dikelilingi dengan pagar setinggi 6 meter ini menjadi tempat ziarah bagi 150.000 orang setiap harinya, lo.

Baca juga: Kuil Gotokuji, Kuil Boneka Kucing

Mereka datang ke kuil ini untuk menyembah Dewi Meenakshi yang merupakan inkarnasi dari dewi Hindu Parvati. Dewi ini dikenal sebagai dewi mata ikan karena bentuk matanya yang sempurna. Dewi ini juga melambangkan kesuburan dan cinta.

Ada juga peziarah yang datang ke kuil ini untuk bergabung dalam doa yang dipimpin oleh imam Brahmana. Ada juga yang datang untuk mandi di kolam bunga teratai emas yang dipercaya bisa memberi keberhasilan bagi mereka yang masuk ke kolam.

Baca juga: Wat Phra Dhammakaya, Kuil yang Bentuknya Seperti UFO

Sejarah Pembangunan

Konon katanya, kuil ini pertama kali dibangun pada tahun 600 SM oleh para penganut Hindu di Tamil. Pada tahun 1300-an, kuil ini pernah dihancurkan oleh para penakluk Muslim. Setelah 250 tahun, akhirnya kompleks kuil ini dibangun lagi sehingga menjadi bangunan yang sangat indah seperti sekarang.

Kompleks Kuil

Di dalam kompleks kuil ini terdapat 14 menara kuil, yang paling tinggi berukuran 51 meter. Di dinding setiap kuil terdapat ribuan patung batu berbentuk dewa, hewan, dan iblis. Patung-patung ini berwarna cerah dan setiap 12 tahun sekali akan dicat ulang serta diperbaiki.

Ada juga Aula Seribu Pilar yang digunakan sebagai museum kuil. Di dalamnya terdapat tiang-tiang besar dan penuh ukiran-ukiran yang rumit. O iya, kompleks kuil memiliki 4 pintu utama yang masing-masing menghadap 4 arah mata angin, yaitu utara, timur, selatan, dan barat.

Sumber: Nationalgeographic.co.id