Benarkah Menghitung Domba Bisa Membuat Kita Cepat Tertidur?

By Cirana Merisa, Kamis, 14 Desember 2017 | 03:45 WIB
Menghitung domba agar cepat tidur terinspirasi dari kebiasaan penggembala. (Cirana Merisa)

Banyak orang yang bilang kalau kita tidak bisa tidur, cobalah menghitung domba. Tapi apakah cara ini benar bisa membuat kita tidur nyenyak?

Sejarah Menghitung Domba

Cara menghitung domba agar cepat tertidur ini sebenarnya terinspirasi dari kebiasaan orang-orang di Inggris pada abad pertengahan. Pada waktu itu, banyak dari mereka yang menjadi gembala domba.

Baca juga: Insomnia, Penyakit Susah Tidur yang Mengganggu

Setiap malam, mereka menggiring domba-dombanya ke kandang dan menghitungnya. Kadang-kadang mereka menghitung domba-domba itu sambil menahan kantuk karena sudah waktunya mereka tidur. Kadang juga mereka terlalu khawatir dengan domba-dombanya sampai mereka tidak bisa tidur dan akhirnya mereka menghitung lagi domba-domba yang ada di kandang.

Otak Bekerja

Nah, dari kebiasaan penggembala itulah sampai sekarang cara menghitung domba ini dipakai agar kita bisa cepat tertidur. Namun menurut penelitian, cara ini sebenarnya dianggap kurang efektif untuk membantu kita tertidur. Menghitung domba atau apapun akan membuat kita konsentrasi sehingga otak kita bekerja. Padahal salah satu kunci supaya kita bisa tertidur adalah dengan mengistirahatkan otak.

Baca juga: Susah Tidur? Lakukan Kebiasaan Ini

Bayangkan Hal Indah

Para ilmuwan menyarankan kalau kita tidak bisa tidur, sebaiknya pikiran kita diisi dengan sesuatu yang tenang. Kita bisa membayangkan hal-hal indah yang menenangkan, seperti aliran sungai, air terjun, ombak pantai, hujan, taman bunga, langit biru, dan lain-lain. Maka itu, otak akan menjadi lebih santai dan tenang sehingga lebih cepat tertidur.