Makanan dan Minuman yang Tak Boleh Dikonsumsi Saat Perut Kosong

By Yomi Hanna, Sabtu, 16 Desember 2017 | 05:17 WIB
Mengapa Perut Berbunyi Saat Lapar? (Hanna Vivaldi)

Saat kita bangun di pagi hari, kondisi perut biasanya kosong karena semua makanan sudah dicerna. Perut kosong berarti tingkat keasaman di perut cukup tinggi, jadi kalau kita mengisinya dengan zat-zat yang menambah asam, maka bisa menyebabkan iritasi. Nah, di bawah ini ada beberapa jenis makanan dan minuman yang tidak boleh kita konsumsi saat perut sedang kosong. Apa saja, ya?

1. Minum Soda

Ketika kita mengonsumsi soda saat perut sedang kosong, asam yang ada di soda akan bercampur dengan asam lambung di perut. Ini bisa menimbulkan mual dan iritasi dalam usus.

2. Makanan Pedas

Makan sambal atau makanan pedas di pagi hari dan saat perut kosong bisa menyebabkan maag menjadi kambuh serta sakit perut.

Baca juga : Makanan Kita Mengandung Serangga!

3. Tomat

Tomat mengandung asam. Jadi ketika kita memakan tomat saat perut sedang kosong, maka asam yang terkandung di alamnya akan bereaksi dengan asam pencernaan di dalam perut. Perut kita pun bisa terkena iritasi.

4. Pisang

Makan pisang saat perut sedang kosong ternyata bisa meningkatkan kadar magnesium secara drastis dalam tubuh. Jadi, isilah perut terlebih dulu sebelum mengonsumsi pisang, ya.

Sumber : Kompas.com