Mengenal Orang Viking, Yuk!

By willa widiana, Kamis, 14 Desember 2017 | 09:37 WIB
Dewa Thor, Dewa yang Dipercaya Orang Viking (willa widiana)

Teman-teman mungkin pernah mendengar kata viking. Itu adalah sebutan untuk salah satu suku di Skandinavia pada zaman dulu. Orang viking menyebut diri mereka dengan sebutan norsemen (orang utara). 

Perompak dan Pedagang

Viking artinya bajak laut. Sesuai dengan namanya, orang viking suka membajak kapal-kapal yang ada di laut. Uniknya, barang-barang hasil bajakan itu tidak disimpan, melainkan dijual kepada orang-orang dari negara lain.

Menemukan Kanada

Orang viking suka berlayar hingga jauh. Kebiasaan itu membuat mereka menemukan Kanada (bagian utara dari Benua Amerika) jauh sebelum Christoper Colombus menemukan Amerika. Bahkan, orang viking sempat mendarat di Kanada selama beberapa saat.

Baca Juga: Para Dewa dan Dewi Viking

Karena suka berlayar, orang viking sangat ahli membuat perahu. O iya, orang viking juga membuat rumah yang unik. Bagian atas rumah mereka biasanya ditanami rumput, jadi suhunya tetap hangat. Seperti kita tahu, iklim di wilayah Skandinavia sangat dingin.

Suka Ikan

Orang viking suka makan ikan. Saat cuaca sedang dingin pun, mereka akan tetap ke laut untuk menangkap ikan. Saat musim panas tiba, orang viking biasanya suka menjemur ikan, supaya bisa disimpan dan tahan lama.

Baca Juga: Mitologi Nordik

Dikubur dengan Pakaian

Jika ada orang viking yang meninggal (terutama orang penting di dalam kelompok), ia akan dimasukkan ke dalam kapal penguburan dengan pakaian, perhiasan, dan hewannya. Setelah itu, kapal penguburan akan ditutup dengan gundukan tanah dan di dorong ke laut.

O iya, Bobo hampir lupa, orang viking sangat percaya dengan Dewa Thor dan Loki.

Baca Juga: Odin, Sang Dewa Tertinggi Dalam Mitologi Nordik

Sumber: natgeokids.com, Ilustrasi: Ode