Bolehkah Mandi Saat Demam?

By Yomi Hanna, Minggu, 17 Desember 2017 | 03:02 WIB
Ini dia! 7 Kesalahan dalam Mandi (Hanna Vivaldi)

Saat kita demam dan terlalu lama berbaring di kasur, tentunya akan terasa gerah. Selain itu, tubuh kita tentunya akan kotor karena keringat yang menumpuk tersebut. Rasanya ingin mandi, tapi boleh atau tidak, ya?

Saat demam Boleh Mandi

Sebenarnya, mandi tidak berkaitan dengan proses demam itu sendiri. Jadi, orang yang sedang demam, boleh saja mandi. Bahkan jika memungkinan, orang yang sedang sakit demam disarankan mandi dua kali sehari untuk menjaga kebersihan tubuh. Tidak hanya itu, pada dasarnya, mandi saat sakit tetap dianjurkan untuk menghindari kita terkena infeksi lainnya.

Baca juga : Saat Kita Demam, Sebaiknya Dikompres pakai Air Dingin atau Air Panas, ya?

Jangan Mandi dengan Air Dingin

Hal yang perlu diperhatikan saat mandi itu adalah suhu airnya. Mungkin kita berpikir bahwa air dingin bisa memberi rasa nyaman dan segar pada tubuh yang sedang kepanasan atau demam. Namun, dokter dan tenaga medis di seluruh dunia tidak menyarankan kita untuk mandi air dingin saat sedang sakit. Karena ini bisa memperburuk kondisi tubuh kita.

Jika kita mandi air dingin, suhu tubuh akan meningkat dan demam menjadi semakin parah. Air dingin akan menutup pori-pori yang bisa menghambat berpindahnya suhu tubuh.

Sebaiknya Mandi dengan Air Hangat

Tidak hanya itu, mandi air dingin juga sangat berisiko menurunkan suhu tubuh secara mendadak. Akibatnya kita akan menggigil dan kedinginan.Sebab itu, saat sedang demam, baiknya kita mandi dengan memakai air hangat atau suam-suam kuku untuk menyaman dengan suhu tubuh.