Crannog, Bangunan di Atas Air khas Irlandia dan Skotlandia

By willa widiana, Sabtu, 16 Desember 2017 | 06:38 WIB
Crannog (willa widiana)

Bangunan yang berada di atas air ini bernama crannog. Bangunan unik ini merupakan bangunan khas dari Irlandia dan Skotlandia.

Sejak Ribuan Tahun Lalu

Menurut para ahli, orang Irlandia dan Skotlandia sudah membangun crannog sejak ribuan tahun lalu. Crannoga biasanya dibuat di tengah sungai, danau, atau muara. Bahan utama untuk membuat crannog adalah kayu!

Baca Juga: Unik, Hotel ini Berada di Perbatasan Dua Negara!

Dibangun dengan Teliti

Sebelum membuat crannog, penduduk di sana harus menancapkan kayu terlebih dahulu di tengah sungai, danau, atau muara. Supaya tumpukan kayu tidak mudah hanyut, bagian bawah kayunya akan diruncingkan. Jadi, saat ditusukkan ke dasar danau, sungai, atau muara kayunya tidak hanyut. Wah... benar-benar harus dilakukan dengan teliti, ya!

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Angker di Dunia

Setelah itu, barulah mereka membuat bangunan di atas kayu-kayu yang menancap. Di sekeliling crannog biasanya diberi pagar. Para crannog biasanya terbuat dari anyaman bambu, jadi tidak terlalu berat. O iya, beberapa crannog dilengkapi dengan jembatan. Namun, ada juga crannog yang tidak punya jembatan. Crannog yang tidak memiliki jembatan harus dicapai dengan perahu kecil.

Tempat Tinggal Khusus

Crannog itu macam-macam. Ada yang besar dan bisa ditinggali beberapa keluarga. Namun, ada juga yang ukurannya kecil, jadi hanya bisa dihuni beberapa orang saja.

Baca Juga: 5 Fakta Taj Mahal, Bangunan Tua yang Indah

O iya, pada zaman dulu, crannog merupakan tempat peritirahatan bagi para raja, pedagang kaya, dan bangsawan. Namun, ada juga beberapa suku yang tinggal di crannog. Suku yang tinggal di crannog biasanya ingin tinggal terpisah dari masyarakat umum.

Teks: Pipit/Willa, Foto: Creative Commons