Ternyata di Tubuh Dinosaurus Juga Ada Kutu, lo!

By Cirana Merisa, Jumat, 15 Desember 2017 | 05:26 WIB
Kutu yang berusia 99 juta tahun ini mengisap darah dinosaurus berbulu. (Cirana Merisa)

Teman-teman pasti tahu kutu, kan? Hewan kecil ini ternyata sudah ada sejak jutaan tahun lalu, lo. Bahkan kutu purba ini mengisap darah dinosaurus, seperti drakula!

Penemuan Kutu

Para ilmuwan melihat ada kutu pengisap darah yang dulunya hidup di tubuh dinosaurus. Kutu ini ditemukan pada ambar, yaitu getah pohon yang sudah menjadi fosil. Selain kutu, pada ambar dari Myanmar ini juga ditemukan potongan kumbang, dan satu bulu seekor dinosaurus.

Baca juga: Kutu Rambut Bisa Menular. Benarkah?

Kutu Purba

Kutu ini dinamakan Deinocroton draculi yang berarti kutu paling mematikan. Maka itu, kutu purba juga sering disebut sebagai kutu drakula atau kutu vampir. Kutu yang diperkirakan berusia 99 juta tahun ini menjadi bukti bagi penelitian bahwa kutu ini mengisap darah dinosaurus berbulu. Beberapa dinosaurus berbulu ini berevolusi menjadi burung modern.

Baca juga: Ditemukan Dinosaurus Berbulu Mirip Burung

Kutu Pada Dinosaurus

Kutu purba ini termasuk parasit karena hewan kecil ini hanya mengambil keuntungan pada dinosaurus, yaitu darahnya. Walaupun para peneliti belum mengetahui jenis dinosaurus mana yang bisa diisap darahnya oleh kutu drakula itu, tapi ini merupakan bukti pertama bahwa ternyata dinosaurus berbulu hidup dengan kutu yang menempel pada tubuhnya.