Asal-usul Tanaman Holly di Hari Natal

By willa widiana, Minggu, 17 Desember 2017 | 06:06 WIB
Tanaman Holly (willa widiana)

Tanaman apa yang suka jadi hiasan saat Natal? Salah satunya adalah tanaman holly. Kita cari tahu asal-usul tanaman ini, yuk!

Tahan Dingin

Kebanyakan daun tanaman tidak tahan saat musim dingin. Supaya tetap hidup, kebanyakan tanaman akan menggugurkan daunnya. Namun, tanaman holly berbeda. Ia punya daun tebal berwarna hijau mengkilat dengan buah kecil berwarna merah. Tanaman ini cukup tahan dengan musim dingin. karena kelebihannya itu, orang Eropa memanggil tanaman ini dengan sebutan tanaman evergreen.

Buahnya Racun, Daunnya Obat

Buah tanaman holly yang berwarna merah suka dimakan oleh burung. Namun, kita tidak boleh memakannya. Buah itu beracun bagi manusia. Racunnya bisa menyebabkan perut kita mual. Namun, daun tanaman holly punya efek sebaliknya. Daun tanaman holly suka dijadikan tanaman obat. Orang-orang menggunakannya untuk mengobat penyakit tekanan darah tinggi dan demam.

Baca Juga: Kastuba, Si Bunga Natal

Tanaman Bangsa Celtic

Sejak zaman dulu, tanaman holly sudah dianggap sebagai tanaman suci oleh bangsa Celt. Bangsa Celt termasuk nenek moyang orang Eropa. Kebanyakan bangsa Celt tinggal di Inggris dan Irlandia. Menurut bangsa Celt, tanaman holly bisa dijadikan alat untuk menjaga perdamaian antara bangsa manusia dengan bangsa peri.

Tak hanya itu, bangsa Celt juga percaya bahwa tanaman holly adalah jelmaan dari Dewa Petir, Thor. Karena itu, mereka suka menanam tanaman holly di pekarangan rumahnya. Konon, hal itu menjauhkan mereka dari sambaran petir. Bagi bangsa Celt, menebang pohon holly adalah sesuatu yang tabu untuk dilakukan.

Baca Juga: Sejak Kapan Kartu Natal Digunakan?

Hiasan Pesta Saturnalia

Ketika bangsa Roma menjelajah negeri Inggris, bangsa Roma suka dengan tanaman holly. Akhirnya, pesta perayaan Saturnalia bangsa Roma pun dihiasi dengan rangakaian daun dan buah holly. Perayaan Saturnalia biasanya dilakukan pada akhir bulan Desember. Perayaan ini dilakukan sebagai rasa syukur, karena musim dingin akan segera berakhir. Tanaman holly dijadikan hiasan dengan harapan musim semi bisa segera datang.

Baca Juga: Mengenal Krampus, Si Penghukum Saat Natal

Dipakai Hiasan Natal

Bangsa Jerman adalah bangsa pertama yang menggunakan tanaman holly sebagai hiasan Natal. Tanaman holly dianggap punya makna natal. Semenjak itu, tanaman holly pun mulai banyak digunakan sebagai hiasan natal.

Nah, Teman-teman, seperti itulah asal-usul tanaman holly di hari Natal.

Teks: Rna/Willa, Foto: Max Picture