Musik Ternyata Bisa Meningkatkan Kemampuan Berbahasa

By Cirana Merisa, Minggu, 17 Desember 2017 | 09:05 WIB
Belajar musik bisa membuat nilai di sekolah stabil atau bahkan meningkat. (Cirana Merisa)

Teman-teman suka mendengarkan atau bermain musik? Musik punya banyak manfaat, salah satunya bisa meningkatkan kemampuan baca dan bahasa anak-anak.

Nilai Meningkat

Belajar musik bisa membantu membuat nilai di sekolah stabil atau bahkan meningkat, lo. Kok bisa, ya? Ini karena musik bisa meningkatkan konsentrasi memori sehingga kita menjadi lebih fokus di dalam kelas.

Baca juga: 5 Manfaat Musik, Salah Satunya Meningkatkan Daya Tahan

Sebuah penelitian dilakukan di Amerika dan menunjukkan bahwa nilai di sekolah, terutama nilai membaca untuk anak berumur 9 dan 10 tahun yang bermain alat musik lebih stabil daripada anak yang tidak bermusik. Kemampuan berbahasa juga menjadi lebih baik untuk anak-anak yang bermain musik, baik itu bahasa sendiri maupun bahasa asing.

Proyek di Chicago

Penelitian ini berhubungan dengan sebuah proyek di Chicago. Proyek ini dilakukan dengan mengamati anak-anak yang diberikan pelajaran musik. Selama 2 tahun, anak-anak ini aktif bermain musik. Hasilnya membuktikan bahwa anak-anak yang bermusik mengalami peningkatan fungsi pada bagian otak yang berkaitan dengan bahasa dan kemampuan membaca.

Baca juga: Orkestra, Permainan Berbagai Alat Musik yang Merdu

Para peneliti juga mengamati gelombang otak anak-anak itu untuk melihat bagaimana mereka merespons pidato. Hasilnya menunjukkan bahwa anak-anak yang berlatih musik bisa lebih cepat dan tepat dalam membedakan suara dan menangkap isi suatu pesan atau pidato.

Itulah pentingnya musik bagi otak kita. Yuk, kita mulai bermain musik, atau paling tidak, kita mulai mendengarkan musik!