4 Jenis Gaya Berpikir

By willa widiana, Minggu, 17 Desember 2017 | 08:05 WIB
Empat Jenis Gaya Berpikir (willa widiana)

Setiap orang mempunyai cara berpikir yang berbeda. Ternyata, cara berpikir setiap orang bisa dikelompokkan menjadi empat jenis, yakni terstruktur, eksplorasi, fleksibel, dan logis. Kita cari tahu satu per satu, yuk!

1. Pemikir terstruktur (PT)

Orang dengan gaya berpikir ini biasanya suka melakukan sesuatu secara teratur dan bertahap (satu demi satu). Selain itu, mereka juga sangat teliti dan sering dijuluki orang yang perfeksionis. O iya, orang dengan gaya berpikir ini juga jago dalam hal-hal yang berhubungan dengan angka, fakta, dan daftar.

Baca Juga: 7 Manfaat Membaca

2. Pemikir Fleksibel (PF)

Orang dengan gaya berpikir felksibel selalu mempertimbangkan segala sesuatu dengan hati-hati. Mereka akan berpikir cukup lama, sebelum membuat sebuah keputusan. Mereka juga suka menggunakan perasaan dan emosi dalam mempertimbangkan sesuatu. O iya, orang tipe ini tidak terlalu suka dengan sesuatu yang teratur.

3. Pemikir Logis (PL)

Orang dengan gaya berpikir logis biasanya punya rasa penasaran yang tinggi. Jadi, mereka sangat senang menyelidiki sesuatu. Saat ada kejadian, ia akan menanyakan kejadian itu dengan rinci. Selain punya rasa penasaran yang tinggi, orang dengan gaya berpikir logis juga punya banyak ide dan jago melakukan penelitian.

Baca Juga: Membaca Kepribadian Seseorang Melalui Garis Tangan

4. Pemikir Eksplorasi (PE)

Orang dengan gaya berpikir ini biasanya suka bereksperimen dan tidak teratur. Sangat berlawanan dengan orang yang punya gaya berpikir terstruktur. O iya, orang dengan gaya berpikir eksplorasi bisa mencari tahu informasi secara acak, senang melakukan sesuatu hingga lupa waktu, dan lebih senang dengan proses pengerjaan daripada hasil.

Nah, Teman-teman, itulah empat jenis gaya berpikir yang Bobo dapatkan dari buku Quantum Thinker, karya Bobbi DePorter. Kira-kira, Teman-teman termasuk orang dengan gaya berpikir yang mana?

Baca Juga: 5 Jenis Kepribadian

Sumber: Quantum Thinker, karya Bobbi DePorter, Ilustrasi: Ode