Banyak yang Unik di Lapland

By Aan Madrus, Senin, 18 Desember 2017 | 06:05 WIB
Lapaland dipercaya sebagai tempat asal Santa Claus dan rusa terbangnya. (Aan Madrus)

Bobo.id - Lapland adalah sebuah wilayah yang berada dalam lingkaran Kutub Utara. Wilayah Lapland terbagi menjadi bagian 4 bagian, yaitu bagian ,negara Finlandia, Swedia, Norwegia, dan Rusia. Karena berada di daerah kutub, banyak hal unik di sana. Yuk, kita lihat!

Suku Sami dan Lavvu

Suku Sami adalah penduduk asli Lapland. Mata pencahariannya adalah beternak rusa kutub. Mereka hidup berpindah-pindah mengikuti kemana rusa kutub pergi mencari makan. Rumah orang sami disebut Lavvu. Lavvu berbentuk tenda sehingga mudah dibongkar pasang dan dibawa pindah.

Baca juga: Misteri Hidung Merah Rudolph, Si Rusa Penarik Kereta Santa Claus

Midnight Sun

Dalam setahun, Lapland hanya mengalami musim panas selama 2 bulan, yaitu bulan Juni dan Juli. Selama musim panas, Matahari tidak terbenam. Fenomena itu disebut Midnight Sun atau Matahari di tengah malam.

Salju Dua Meter

Musim terpanjang di Lapland adalah musim dingin. Berlangsung dari akhir Agustus hingga akhir April. Pada puncak musim dingin, ketebalan salju bisa mencapai sekitar dua meter.

Flora dan Fauna

Binatang khas Lapland antara lain rusa kutub, beruang cokelat, anjing rakun, serigala abu-abu, burung hantu salju, angsa berkaki pink, dan elang berekor putih. Sedangkan tanaman yang tumbuh di sini antara lain pinus, aneka macam lumut, aneka macam tanaman beri, macam-macam jamur, dan semak-semak.

Aurora Borealis

Jika beruntung kita bisa menyaksikan Aurora Borealis atau The Northern Light. Aurora adalah fenomena alam berupa pancaran cahaya yang menyala-nyala. Aurora terjadi di daerah di sekitar Kutub Utara dan Kutub Selatan. Aurora yang terjadi di daerah Kutub Utara dikenal dengan nama Aurora Borealis. Aurora Borealis selalu terjadi di antara bulan September dan Oktober dan Maret dan April. Fenomena aurora di sebelah Selatan dikenal dengan nama Aurora Australis.