Ada Berapa Banyak Bintang yang Terbentuk Setiap Harinya?

By Cirana Merisa, Jumat, 22 Desember 2017 | 04:05 WIB
Setiap harinya akan ada sekitar 16,4 miliar bintang yang lahir di alam semesta. (Cirana Merisa)

Bobo.id – Di alam semesta, bintang-bintang bertebaran sangat banyak. Bintang-bintang itu ada yang baru lahir, ada pula yang hampir mati. Nah, kira-kira berapa banyak bintang yang terbentuk setiap harinya, ya?

Jumlah Bintang Lahir Setiap Tahun

Sebelum menghitung berapa banyak bintang yang terbentuk setiap harinya, kita harus lebih dulu tahu jumlah bintang yang lahir setiap tahunnya. Bintang terbentuk dari materi gas dan debu yang bergabung. Setiap galaksi memiliki kemampuan memproduksi bintang masing-masing.

Setiap tahunnya, Galaksi Bimasakti bisa menghasilkan bintang yang massanya adalah tiga kali massa Matahari. Jadi galaksi kita kira-kira bisa menghasilkan tiga bintang per tahunnya.

Baca juga: Ada Berapa Banyak Galaksi di Alam Semesta?

Galaksi di Alam Semesta

Nah, setelah itu, kita harus tahu ada berapa banyak galaksi di alam semesta, di luar galaksi kita ini. Menurut penelitian yang dilakukan astronom pada Januari 2017 lalu, di alam semesta ada sekitar dua triliun galaksi.

Kalau setiap galaksi itu sama seperti galaksi kita, bisa menghasilkan tiga bintang per tahun, itu berarti akan ada sekitar enam triliun bintang yang lahir setiap tahunnya. Kalau dihitung, maka setiap harinya akan ada sekitar 16,4 miliar bintang yang lahir dan terbentuk di alam semesta. Wow, banyak sekali, ya!

Baca juga: Bagaimana Bintang Terbentuk?

Kehidupan di Planet Lain

Dengan begitu banyak bintang yang terbentuk setiap harinya, maka teman-teman bisa membayangkan berapa banyak planet yang ada di alam semesta. Dari sekian banyak planet, para astronom percaya bahwa pasti ada planet-planet yang memiliki kehidupan seperti di Bumi.