Inilah 4 Tips dan Trik Mendapatkan Banyak Penonton di Youtube

By Cirana Merisa, Selasa, 19 Desember 2017 | 04:47 WIB
Di video yang diunggah, kita bisa meminta pendapat penonton tentang suatu hal. (Cirana Merisa)

Bobo.id – Siapa yang mau jadi Youtuber? Masalah utama menjadi Youtuber pemula adalah tidak memiliki banyak penonton. Nah, kali ini Bobo mau memberi tahu tips dan trik dapat banyak penonton di Youtube.

1. Buat Keywords yang Banyak Dicari

Bayangkan kita yang menjadi penonton di Youtube, kita pasti akan mencari video yang mau kita tonton dengan kata kunci. Nah, menjadi seorang Youtuber juga begitu. Judul video yang kita buat lebih baik menggunakan kata-kata yang banyak dicari orang.

Baca juga: Tips dan Trik YouTube yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

2. Buat Thumbnail yang Menarik

Thumbnail adalah tampilan foto awal yang terlihat sebelum penonton membuka videonya. Foto ini semacam cover video yang menampilkan inti dari video itu. Selain melihat judul, penonton juga akan melihat thumbnail videonya. Jadi usahakan buat thumbnail yang menarik, ambil dari salah satu cuplikan video yang paling menarik dari video itu.

3. Buat Penonton Berkomentar

Kita pasti akan senang kalau video kita mendapatkan respons yang baik dari penonton, apalagi kalau penonton bisa berkomentar di video yang kita unggah. Nah, supaya kita bisa mendapatkan komentar positif, ada caranya nih, teman-teman.

Di video yang diunggah, kita bisa meminta pendapat penonton tentang suatu hal.

Baca juga: Cara Mendapat Penghargaan YouTube Play Button

Misalnya kita membuat video makan makanan tradisional. Di video pertama, kita membahas ketupat. Pada akhir video, kita bisa menanyakan makanan tradisional apa lagi yang mau dibahas.

Mereka yang menonton akan berminat untuk berkomentar dan memberikan pendapat tentang makanan apa yang dibahas selanjutnya.

4. Buat Playlist Video

Playlist video membantu kita dan juga penonton untuk memilah-milah video berdasarkan tema. Misalnya selain membuat video tentang makanan, kita juga membuat video cover lagu, video unboxing mainan, dan lain-lain.

Nah, supaya bisa lebih rapi, kita bisa membuat playlist video sesuai tema sehingga penonton bisa lebih fokus dan lebih mudah memilih video mana lagi yang akan ditonton.

Sumber: Nextren.id