Velociraptor, Dinosaurus Pintar dan Cepat

By willa widiana, Selasa, 19 Desember 2017 | 07:12 WIB
Velociraptor, Dinosaurus Pintar dan Cepat (willa widiana)

Bobo.id - Dari sekian banyak dinosaurus, velociraptor dijuluki sebagai dinosaurus pintar dan cepat. Kenapa ia mendapat julukan itu? Kita cari tahu, yuk!

Pintar

Velociraptor punya kepala yang cukup besar. Karena hal itu, velociraptor pun dijuluki sebagai dinosaurus yang pintar. Kepala velociraptor dilengkapi dengan rahang penuh gigi. Gigi-gigi itu menyembul hingga keluar mulutnya, mirip seperti gigi buaya.

Baca Juga: 8 Fakta Triceratops, Dinosaurus Bertanduk Tiga

Cepat

Tubuh dinosaurus ini cukup kecil. Panjangnya hanya dua meter, tingginya hanya satu meter, dan beratnya hanya 15 kilogram. Selain itu, velociraptor juga punya kaki yang tinggi dan ramping.

Berkat tubuh kecil dan kaki rampingnya, velociraptor bisa berlari hingga 60 kilometer per jam. Ekornya yang kaku bisa dijadikan alat untuk berbelok saat sedang berlari kencang. Selain bisa lari kencang, dinosaurus ini juga bisa melompat!

Baca Juga: Fakta Seru Sejarah, Mulai dari Dinosaurus Sampai Mumi

Suka Mencuri Telur

Velociraptor termasuk dinosaurus yang suka memangsa Saurolophus dan Protoceratops. Mereka biasanya berburu secara berkelompok. Saat berburu, velociraptor akan menyerang mangsanya dengan cakar berbentuk bulan sabit yang ada di kakinya.

Cakar ini bisa melukai tubuh dinosaurus lain cukup dalam. Selain suka berburu secara berkelompok, velociraptor juga suka mencuri telur!

Baca Juga: Lezatnya Telur Dinosaurus

Tahukah Kamu?

- Velociraptor hidup di zaman cretasius (85 – 80 juta tahun lalu)

- Orang yang menemukan fosil velociraptor pertama kali adalah Henry F. Osborn pada tahun 1924. Beliau menemukan velociraptor di Gurun Gobi, Mongolia. Selain itu, velociraptor juga ditemukan di Tiongkok dan Rusia.

- Menurut perkiraan ahli dinosaurus, velociraptor hidup di daerah yang kering, panas, dan dekat dengan mata air.

Teks: Rna/Willa, Foto: pixabay.com