Therizinosaurus, Dinosaurus Pemakan Tumbuhan yang Punya Cakar Menyeramkan

By willa widiana, Selasa, 19 Desember 2017 | 10:07 WIB
Therizinosaurus, Dinosaurus Pemakan Tumbuhan yang Punya Cakar Menyeramkan (willa widiana)

Bobo.id – Coba lihat cakar dinosaurus ini, panjang dan sangat tajam. Tapi... tunggu sebentar! Therizinosaurus, kan, dinosaurus pemakan tumbuhan, bukan pemakan daging.

Kira-kira... cakar itu berfungsi untuk apa, ya?

Ternyata, cakar menyeramkan yang ada di tangan therizinosaurus itu berguna untuk meraih ranting pohon saat makan. Selain untuk meraih ranting pohon, cakarnya juga bisa digunakan untuk melawan pemangsa yang datang menyerang. Cakar raksasa ini sangat berguna, soalnya therizinosaurus termasuk dinosaurus yang lambat saat berjalan.

Baca Juga: Velociraptor, Dinosaurus Pintar dan Cepat

Kenapa therizinosaurus jalannya lamban?

Therizinosaurus adalah dinosaurus pemakan tumbuhan. Dinosaurus pemakan tumbuhan biasanya punya tulang belakang yang besar. Tak hanya itu, dinosaurus pemakan tumbuhan juga punya perut yang besar. Nah! Perut besar inilah yang membuat therizinosaurus menjadi lambat saat berjalan.

Baca Juga: Museum Dinosaurus di Dunia

Seperti apa rupa dinosaurus ini?

Selain punya perut besar, therizinosaurus juga punya leher panjang dan kepala yang kecil. Kepala yang kecil adalah ciri khas dari dinosaurus pemakan tumbuhan. Jika diperhatikan, tubuhnya mirip seperti angsa, namun punya tangan bercakar. O iya, di bagian mulutnya, ada gigi-gigi kecil yang tumpul. Gigi kecil dan tumpul itu berguna untuk mengunyah dedaunan.

Baca Juga: Inilah 2 Dinosaurus Bertanduk Pemakan Tanaman

Di mana therizinosaurus hidup?

Therizinosaurus hidup di zaman cretasius (sekitar 77 juta tahun lalu). Fosil dinosaurus ini ditemukan di Mongolia, Tiongkok, dan Amerika Utara. Bagian tubuh therizinosaurus yang pertama kali ditemukan pada tahun 1954 adalah bagian cakarnya. Tidak ada kepala atau badan. Karena ditemukan tanpa kepala dan badan, para ilmuwan pun kebingungan untuk menentukan jenis dinosaurus ini. Kebingungan para ilmuwan itu baru terjawab 50 tahun kemudian.

Tahukah Kamu?

Menurut perkiraan ilmuwan, therizinosaurus adalah keturunan dinosaurus pemakan daging yang berubah menjadi dinosaurus pemakan tumbuhan. Unik, ya!

Teks: Rna/Willa, Foto: Creative Commons