Wah... Air Danau Ini Bisa Diminum!

By willa widiana, Rabu, 20 Desember 2017 | 04:47 WIB
Wah... Air Danau Ini Bisa Diminum! (willa widiana)

Bobo.id – Danau merupakan kawasan berair yang cukup luas. Selain dijadikan tempat wisata, danau juga bisa dijadikan tempat berenang. Namun, danau yang satu ini airnya juga bisa diminum, lo!

Danau Vattern

Danau yang airnya bisa diminum itu bernama Danau Vattern, letaknya di Tenggara Swedia. Air di Danau Vattern memang sangat bersih. Tak heran, kalau airnya bisa digunakan untuk minum. O iya, danau bersih ini punya panjang 135 km dan lebar 31 km, jauh lebih besar daripada Danau Toba di Sumatra.

Baca Juga: Danau Susu Stroberi

Banyak Kehidupan

Di dalam Danau Vattern ada banyak kehidupan. Banyak phytoplankton dan zooplankton yang hidup di danau ini. Karena jumlah phytoplankton dan zooplankton-nya banyak, maka jumlah ikan di danau ini juga banyak.

Baca Juga: Danau Limboto jadi Sejarah

Ikan yang ada di Danau Vattern bisa kita tangkap dan kita konsumsi, lo. Namun, kita harus menangkap ikannya menggunakan pancingan, tidak boleh menangkapnya menggunakan jala. Kalau kita mau menangkap ikan untuk dijual, kita harus punya izin terlebih dahulu.

Banyak Kegiatan

Danau Vattern punya pemandangan yang indah. Kita bisa menikmati keindahan danau sambil bersepeda di jalur yang telah disediakan. Saat musim dingin, air danau akan membeku. Keadaan ini dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk memancing, berseluncur, hingga melakukan sauna. Pokoknya, banyak kegiatan yang bisa dilakukan di danau ini.

Semoga danau-danau di Indonesia bisa dijaga dengan baik dan menjadi Danau Vattern kedua.

Baca Juga: Cerita di Balik Keindahan Danau Tiga Warna

Foto: Creative Commons, Max Pixel