Mobil Kayu Impian Seorang Pensiunan

By Sylvana Toemon, Minggu, 24 Desember 2017 | 03:10 WIB
Mobil kayu Momir Bojic (Sylvana Toemon)

Bobo.id - Impian membuat orang dapat melakukan hal yang luar biasa. Impian itu pula yang membuat Pak Momir Bojic membuat sesuatu yang luar biasa. Kakek berusia 71 tahun yang berasal dari Bosnia itu membuat sendiri mobil impiannya yang berbahan kayu.

Baca juga: Serba-Serbi Mobil Ramah Lingkungan

Ribuan Panel Kayu

Seperti kebanyakan orang yang sudah pensiun, Pak  Momir Bojic juga ingin mewujudkan keinginannya. Dia ingin sekali memiliki sebuah mobil VW Beetle. Yang menarik dari mobil yang dia impikan ini bukanlah mobil baru, tapi mobil yang terbuat dari kayu. Mobil kayu ini bukanlah berasal dari papan besar seperti lemari dan membentuk ruangan. Mobil ini tersusun dari puluhan ribu panel kayu kecil-kecil. Panel kayu itu ditempel menjadi seperti sisik bagi mobil itu. Bentuknya seperti VW Beetle impian Pak Momir Bojic.

Baca juga: Mobil Hamburger di Kansas

Ketelitian dan Kesabaran

Untuk membuat mobil impiannya ini, Pak Momir memerlukan waktu sampai 2 tahun. Dia membuat dan memasang sendiri semua bagian dari mobil kayu ini. Bayangkan saja, seorang kakek seusia Pak Momir memasang tiap bagian dari mobil ini. Pekerjaan yang perlu ketelitian dan kesabaran. Tentu saja juga perlu ketajaman mata. Bahan kayu digunakan tidak hanya untuk bagian luarnya. Kemudi, dasbor, bingkai kaca spion,  dan velg rodanya juga terbuat dari kayu. Beberapa bagian lain seperti ban, lampu dan jok tempat duduk memang tidak dibuat dari kayu.

Baca juga: Dari Gelondongan Kayu Jadi Roda

Mobil Sungguhan

Hebatnya lagi, mobil ini bukan hanya sekedar mobil pajangan atau mainan. Ini mobil sungguhan, lo. Mobil ini bisa digunakan di jalan raya dan ada pelat nomornya juga. Pak Momir bahkan juga mengendarainya melintasi negara lain. Sebagai  pelengkap, Pak Momir menggunakan topi kayu berbahan sama dengan mobil kesayangannya.

Sumber: designboom.com