Croquembouche, Kue Khas Prancis

By willa widiana, Rabu, 20 Desember 2017 | 12:08 WIB
Croquembouche, Kue Khas Prancis (willa widiana)

Bobo.id – Kuenya kecil-kecil bulat, namun ditumpuk sedemikian rupa. Dan... tadaa... jadilah croquembouche, kue khas Prancis.

Ditumpuk dan Diikat

Croquembouche merupakan tumpukan dari pastri choux (makanan kecil khas Prancis yang mirip dengan bagian luar dari kue sus). Makanan berukuran kecil dan berbentuk bulat ini dibentuk sedemikian rupa, hingga menyerupai corong es krim terbalik.

Baca Juga: Kue Tradisional, Jangan Dilupakan

Supaya tidak ambruk, tumpukan pastri choux itu akan diikat dengan tali yang terbuat dari karamel. O iya, tumpukan pastri choux itu juga suka dihias. Ada yang menghiasnya dengan bunga yang terbuat dari gula, ada juga yang menghiasnya dengan makaron atau buah.

Renyah, Sesuai Namanya

Croquembouche berasal dari bahasa Prancis, yakni croquet en bouche. Kata itu punya arti renyah di mulut. Sesuai dengan namanya, tekstur kue ini memang renyah dengan rasa manis dan sedikit gurih.

Baca Juga: Negeri Dongeng: Rumah Kue

Kue Pernikahan

Croquembouche tak hanya ada di Prancis, croquembouche juga ada di Italia. Croquembouche termasuk kue yang spesial, karena dihidangkan dalam acara spesial, seperti acara pernikahan, acara pembaptisan, hingga acara komuni suci pertama.

Baca Juga: Black Forest, Kue dari Jerman!

Kue spesial ini sudah ditemukan sejak ratusan tahun lalu. Di zaman dulu, croquembouche termasuk makanan yang disajikan dalam acara-acara besar. Itulah sedikit cerita tentang croquembouche, kue khas Prancis.

Foto: Creative Commons