7 Tips Naik Kendaraan Umum

By Sylvana Toemon, Jumat, 22 Desember 2017 | 00:10 WIB
Tips naik angkutan umum (Sylvana Toemon)

Bobo.id – Teman-teman sering berkendara menggunakan kendaraan umum seperti bus atau angkutan kota? Ini ada beberapa tips naik kendaraan umum yang harus kamu ketahui.

1. Tahu tujuan. Saat naik angkutan umum, pastikan kamu tahu tujuannya. Caranya dengan melihat petunjuk tulisan di badan kendaraan, atau bertanya pada petugas.

2. Tetap terjaga. Saat naik angkutan umum, apalagi dalam jarak dekat, sebaiknya kamu tetap terjaga dan waspada. Jangan sampai tujuanmu terlewat atau barang-barangmu hilang karena terjatuh atau ada orang yang mengambilnya.

3. Bawa barang secukupnya. Bawalah barang secukupnya dan seperlunya saja. Tidak perlu memamerkan barang mewahmu. Pamer bawang mewah dapat memancing orang lain untuk berbuat jahat.

4. Pilih kendaran yang akan dinaiki. Pilihlah kendaraan yang masih layak jalan dan bersih. Saat malam hari, pilihlah kendaraan yang lampunya menyala.

5. Bawa uang pas. Apabila kamu sudah mengetahui ongkosnya, bawalah uang pas. Pembayaran menggunakan uang pas tentunya akan lebih cepat.

6. Duduklah di tempat yang sudah disediakan. Di beberapa kendaraan umum, ada tempat duduk prioritas. Jangan duduk di kursi ini

7. Bawa uang elektronik yang ada saldonya. Apabila kamu menaiki kendaraan yang pembayarannya menggunakan uang elektronik, pastikan saldonya mencukupi.

Baca juga: Ternyata Ini Perbedaan KRL, MRT, dan LRT

Itu beberapa tips naik kendaraan umum. Apakah kamu berani naik kendaraan tanpa ditemani?