Roket LAPAN Sukses Meluncur

By Sylvana Toemon, Kamis, 21 Desember 2017 | 12:10 WIB
Uji terbang roket RX 450 (Sylvana Toemon)

Bobo.id – Perlu roket untuk meluncur ke antariksa. Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) belum lama ini berhasil meluncurkan roket buatannya, lo.

Baca juga: Mengenal Lembaga Antariksa

Teknologi Roket Terus Dikembangkan

LAPAN adalah lembaga khusus yang menangani antariksa di negara kita. Berbagai upaya telah dilakukan untuk pengembangan teknologi penerbangan dan antariksa. Salah satu hal yang terus dikembangkan adalah teknologi roket. Pada tanggal 7 Desember 2017 yang lalu, ada 2 roket yang diuji coba. Kedua roket itu diberi nama RX 450 dan RX 1220. Uji cobanya diadakan di Balai Uji Teknologi dan Pengamatan Antariksa dan Atmosfer Garut.

Baca juga: Artikel Tentang Roket

Penyempurnaan Roket Sebelumnya

Kedua roket ini adalah penyempurnaan dari roket sebelumnya. Dari percobaan sebelumnya, para ilmuwan LAPAN menemukan beberapa hal yang harus diperbaiki. Nah, kedua roket ini adalah penyempurnaan dari roket yang sebelumnya. Roket RX 450 sebelumnya sudah pernah diuji coba apda tahun 2015 dan 2016.

Baca juga: Meluncurkan Roket Air

Tujuan Damai

Menurut Kepala LAPAN, Prof Dr. Thomas Djamaluddin, RX 450 merupakan roket terbesar yang pernah diluncurkan LAPAN. Program Roket LAPAN ini ditujukan untuk tujuan damai. Roket ini yang nantinya akan digunakan dalam salah satu rangkaian Roket Pengorbit Satelit (RPS). Pengembangan roket ini masih terus dilakukan.

Saat ini, belum banyak ahli roket di Indonesia. Apakah kamu ingin menjadi ahli roket?

Sumber: lapan.go.id