Lima Kehebatan Ibu yang Patut Dikagumi

By Putri Puspita, Jumat, 22 Desember 2017 | 06:05 WIB
Ibu yang sayang aku (Putri Puspita)

Bobo.id - Setiap tanggal 22 Desember, masyarakat Indonesia merayakan Hari Ibu. Ini adalah hari istimewa untuk sosok hebat yang kita kenal dengan sebutan ibu.

Hari Ibu Pertama Kali

Tahukah teman-teman kapan hari ibu bertama dirayakan?

Hari Ibu dideklarasikan pertama kali saat Kongres Perempuan Indonesia pertama di Indonesia, pada tanggal 22 Desember 1928, di pendopo Dalem Jayadipuran, Yogyakarta.

Saat itu ada 600 perempuan hadir di sana. Saat itulah mulai dibicarakan mengenai peran-peran perempuan dalam perjuangan Indonesia. Sejak saat itu, mulai muncul berbagai sekolah untuk perempuan dan perjuangan untuk mendapatkan kesempatan.

Secara resmi,  pada 22 Desember 1953, saat peringatan Kongres Perempuan ke-25, Presiden Sukarno menetapkan tanggal 22 Desember diperingati sebagai Hari Ibu melalui Dekrit Presiden RI No.316 Tahun 1953.

Hari Ibu, Menghargai Kehebatan Ibu

Hari Ibu adalah momen istimewa untuk menghargai kehebatan Ibu. Kita bisa memberikan ucapan selamat bahkan hadiah untuk ibu.

Harus diingat, walaupun Hari Ibu hanya 1 hari dalam setahun, kita harus menghormati, menghargai, dan menyanyangi ibu setiap hari karena ibu pun menyanyangi kita setiap hari.

Ibu memang sosok yang hebat. Berikut adalah 5 kehebatan ibu yang patut kita kagumi

  1. Melahirkan Kita: Melahirkan adalah proses mempertaruhkan nyawa dan ibu telah melakukannya untuk kita. Sebelum melahirkan kita, ibu pun sudah berjuang membawa kita ke mana-mana dalam kandungannya. Ibu rela menambahkan beban berat badan karena kita ada di dalam perutnya. Ibu memang begitu baik untuk kita.  
  2. Memberi Kasih Sayang: Setelah kita lahir, perjuangan ibu tidak berhenti. Ibu memberikan susu untuk kita, merawat agar kita bisa tumbuh dengan baik. Ibu menjadi guru bagi kita saat belajar merangkak, berdiri, berjalan, hingga berlari. Lalu, mengajarkan kita juga membaca dan menulis. Mari ingat saat sakit, ibu merawat kita dengan tulus bahkan tidak takut tertular.  
  3. Memasak untuk Keluarga: Ibu menjadi koki terhebat dan paling tulus. Ibu rela bangun lebih pagi untuk menyiapkan sarapan untuk kita. Ibu menyediakan makanan bukan hanya untuk dirinya sendiri, tetapi juga untuk anggota keluarga yang lain. Kadang ibu tidak makan ketika kita belum pulang dan belum makan.  
  4. Bekerja untuk Anak: Banyak juga ibu yang bekerja untuk anak agar bisa membayar biaya sekolah. Bayangkan, dengan banyak sekali pekerjaan di rumah, ibu juga masih rela bekerja agar anak-anaknya bisa terus bersekolah. Jadi, ketika lelah atau malas belajar, ingatlah perjuangan ibu untuk menyekolahkan kita. Bahkan ibu berharap agar kita bersekolah lebih tinggi dari ibu sendiri.  
  5. Bisa Segala Hal: Ibu adalah sosok wanita yang bisa banyak hal. Ibu bisa menjadi koki dengan masakan yang enak, bisa menjadi guru, bisa menjadi dokter, bisa menjadi sahabat kita, dan masih banyak lagi kehebatan lainnya yang bisa dilakukan oleh ibu.

Yuk, ungkapkan rasa sayang dan kagum pada Ibu dengan rajin belajar dan membantu ibu. Terima kasih Ibu.

Teks dan Foto: Putri Puspita | Bobo.ID