Berbahayakah Kalau Anjing Mengalami Infeksi pada Telinga?

By Cirana Merisa, Sabtu, 23 Desember 2017 | 09:16 WIB
Infeksi telinga pada anjing biasanya terjadi karena bakteri atau jamur. (Cirana Merisa)

Bobo.id – Penyakit yang paling sering dialami oleh anjing adalah infeksi telinga. Lalu bagaimana kalau anjing kesayangan kita mengalami hal itu? Kira-kira berbahaya atau tidak, ya?

Penyebabnya

Infeksi telinga pada anjing biasanya terjadi karena bakteri atau jamur yang menempel pada telinga. Infeksi ini juga bisa disebabkan oleh alergi pada makanan dan masuknya benda asing.

Trauma dan faktor keturunan juga bisa menjadi sebab infeksi pada telinga anjing.

Baca juga: 5 Fakta Seru Seputar Anjing

Gejalanya

Anjing juga akan merasa sakit atau tidak enak pada telinganya sehigga ia akan menggerakkan kepalanya secara berlebihan, seperti saat ada serangga yang menempel atau masuk ke dalam telinganya.

Infeksi juga bisa kita tahu dari bau telinganya. Kalau teman-teman mendekatkan hidung pada telinga dan tercium bau tak sedap, maka bisa jadi telinga anjing itu mengalami infeksi.

Kotoran anjing yang berwarna cokelat, kuning, atau bahkan berdarah juga bisa menunjukkan adanya infeksi, lo.

Baca juga: Selain Setia, Inilah 3 Sifat Unik Seekor Anjing!

Cara Mengatasi

Nah, untuk mengatasi infeksi pada telinga anjing, cobalah untuk membersihkan telinganya dengan menggunakan carian pembersih teling yang banyak ditemukan di toko hewan atau langsung beli di dokter hewan.

Selain itu, cairan pembersih juga bisa langsung dituangkan sedikit ke telinga anjing dan pijat telinganya dengan bola kapas.

Namun ingat, jangan mendorong bola kapas hingga jauh ke dalam telinga anjing. Kalau sampai masuk sangat dalam malah akan membuat telinga semakin sakit.