Apa Itu Gastrointestinal Statis pada Kelinci?

By Cirana Merisa, Senin, 25 Desember 2017 | 05:05 WIB
Kelinci yang sedang sakit GI Statis biasanya akan kehilangan nafsu makan. (Cirana Merisa)

Bobo.id – Bagi teman-teman yang memelihara kelinci, mungkin tidak asing dengan istilah Gastrointestinal Statis atau GI Statis.

Sebenarnya itu apa, ya? Bagi yang belum tahu, yuk, kita simak!

Baca juga: Cergam Bobo: Tahun Baru Kelinci

Penyebabnya

GI Statis bisa terjadi karena adanya bulu yang bergumpal di usus. Penyakit ini juga bisa muncul karena adanya infeksi pada saluran pencernaan dan juga gas yang berlebihan di tubuh kelinci.

Bahkan penyakit ini juga bisa dialami saat kelinci sedang bermasalah pada giginya, lo. Namun faktor utama penyebab terjadinya GI Statis adalah kurangnya serat yang dikonsumsi oleh kelinci.

Baca juga: Mengenal Kelinci yang Gemar Memakan Wortel

Gejalanya

Kelinci yang sedang terkena penyakit GI Statis ini biasanya akan kehilangan keinginan untuk makan. Kelinci juga akan terlihat lesu dan gampang lelah sehingga kelinci menjadi selalu ingin tidur.

O iya, kotoran kelinci juga akan berbentuk aneh, tidak seperti biasanya, atau bahkan bisa jadi kelinci tidak BAB karena saluran pencernaannya sedang bermasalah.

Baca juga: Kelinci dan Terwelu, Serupa tapi Tak Sama

Cara Mengatasi

Kalau kelinci kesayangan sudah mengalami hal-hal di atas, cobalah untuk mengganti makanannya dengan makanan yang lebih sehat.

Beri sayuran yang banyak daunnya dan juga rumput hijau yang segar.

Kalau masih menunjukkan tanda-tanda sakit, sebaiknya kelinci dibawa ke dokter agar saluran pencernaan dan sistem metabolisme tubuhnya bisa sehat seperti semula.

Wah, untung Bobo sehat. Jadi Bobo tak pernah terserang penyakit ini. Hi..hi...hi...