Perusahaan di Tiongkok Mendaur Ulang Kotoran Panda Menjadi Tisu, Lo!

By Cirana Merisa, Selasa, 26 Desember 2017 | 11:31 WIB
Sebuah perusahaan di Tiongkok mengubah kotoran panda menjadi tisu. (Cirana Merisa)

Bobo.id – Kotoran hewan biasanya didaur ulang menjadi pupuk untuk tanaman. Lalu apa jadinya kalau kotoran panda didaur ulang menjadi tisu, ya?

Daur Ulang Kotoran Panda

Ada sebuah perusahaan di Tiongkok yang memanfaatkan kotoran hewan dan sisa makanan hewan menjadi tisu, lo.

Perusahaan kertas Qianwei Fengsheng di Provinsi Sichuan bekerja sama dengan China Conservation and Research Center for The Giant Panda untuk mendaur ulang kotoran itu bukan hanya menjadi tisu toilet, tapi juga menjadi serbet dan perlengkapan rumah tangga lainnya.

Baca juga: Bahan Bakar dari Daur Ulang Karbondioksida

Kotoran dan Sisa Makanan

Dari hasil percobaan, 10 kilogram kotoran yang dihasilkan oleh panda setiap harinya mengandung banyak serat karena ada kandungan fruktosa dari tunas yang dimakan.

Selain itu, sekitar 50 kilogram sisa makanan setiap harinya juga didaur ulang. Sisa makanan itu berasal dari kulit bambu yang dikeluarkan setelah dikunyah.

Proses Daur Ulang

Daur ulang kotoran dan sisa makanan ini harus melalui serangkaian proses yang cukup panjang, lo. Perusahaan akan mengumpulkan kotoran dari 3 ekor panda sebanyak 2 kali dalam seminggu.

Fruktosa yang ada pada kotoran itu dipecah agar bisa menghasilkan serat. Ini dilakukan dengan cara direbus.

Baca juga: Memanfaatkan Kertas Bekas, Menyenangkan dan Sayang Lingkungan

Setelah direbus, dilakukan sterilisasi kuman dengan cara dipanskan pada suhu 600 derajat Celcius selama sekitar 30 menit. Ini dilakukan untuk membunuh bakteri. Setelah itu barulah diubah menjadi kertas.

Kertas itu diproses lagi menjadi tisu atau perlengkapan rumah tangga lainnya. Lalu diuji bakteri lebih dulu sebelum akhirnya dijual.

Sstt…. Sekotak tisu ini dijual dengan harga 43 yuan atau sekitar 88.000 rupaih, lo. Ayo, siapa yang mau beli? Hi...hi...hi...

Sumber: Nationalgeographic.co.id