Mudhif, Rumah Rumput Suku Ma’dan

By Aan Madrus, Jumat, 29 Desember 2017 | 03:32 WIB
Mudhif di Perkampungan Ma'dan (Aan Madrus)

Bobo.id - Suku Ma’dan adalah salah satu suku di Irak. Mereka mendiami daerah berawa di Irak bagian selatan.

Orang Ma’dan kadang-kadang disebut Marsh Arabs yang artinya orang Arab yang tinggal di rawa. Sementara perkampungannya disebut Venesia-nya Irak

Di rawa itu tumbuh rumput atau alang-alang raksasa. Orang Ma’dan membangun rumah dari rumput tersebut. Rumah itu disebut mudhif.

Sebelum membangun mudhif, orang Ma’dan menguruk rawa dengan lumpur kemudian lumpur tersebut dipadatkan dan dikeringkan menjadi pulau. Di situlah mudhif dibangun.

Mudhif dibangun tanpa paku, kayu, kaca dan sebagainya. Mudhif hanya terbuat dari batang rumput. Mudhif dibangun secara gotong royong dengan beberapa tetangga. Dan Hanya perlu waktu 3 hari untuk membangunnya.

Untuk membangun mudhif diperlukan banyak  tiang berbentuk setengan lingkaran. Tiang itu terbuat dari segenggam besar batang rumput yang diikat dan dianyam hingga menjadi panjang dan dibentuk menjadi setengah lingkaran.

Kedua ujung tiang itu ditanam di tanah. Beberapa tiang didirikan secara berderet. Lalu tiang-tiang itu ditutup dengan anyaman rumput. Ada rumput yang dianyam secara rapat untuk dinding dan atap.

Ada yang dianyam jarang-jarang untuk ventilasi udara dan cahaya.

Perkampungan suku Ma'dan dengan mudhifnya sudah ada sejak 5000 tahun yang lalu. Sampai sekarang, bahan yang digunakan untuk membangun mudhif dan cara membangunnya masih dipertahankan seperti dulu.

Sayang pada tahun 1990-an perkampungan Suku Ma’dan yang unik ini dihancurkan oleh pemerintah Irak karena masalah politik.

Namun sejak awal tahun 2000-an perkampungan ini mulai dibangun kembali.

Foto: Creative Commons