Buku Ini Harganya 13 Miliar Rupiah!

By willa widiana, Kamis, 28 Desember 2017 | 01:23 WIB
Buku Ini Harganya 13 Miliar Rupiah! (willa widiana)

Bobo.id – Berapa harga komik atau buku yang Teman-teman beli? Jika ada buku yang harganya 13 miliar rupiah, apakah Teman-teman akan membelinya?

Teman-teman pasti bertanya, apakah buku semahal itu benar-benar ada? Jawabannya ada.

Buku seharga 13 miliar rupiah itu benar-benar ada, lo! Itu adalah buku catatan milik Bapak Alan Turing yang terjual dengan harga 1,025 juta dollar AS.

Jika di rupiahkan, maka harganya sekitar 13 miliar. Buku mahal itu memiliki 56 halaman yang berisi catatan Pak Alan Turing tentang dasar-dasar matematika dan ilmu komputer.

Baca Juga: 5 Warna Ini Bisa Meningkatkan Semangat Belajarmu

Siapakah Alan Turing itu?

Beliau bisa kita sebut sebagai bapak ilmu komputer. Beliau adalah orang yang berhasil memecahkan kode Enigma milik Jerman pada masa Perang Dunia II.

Berkat terpecahkannya kode Enigma itu, maka Perang Dunia II pun bisa diakhiri. Keren, kan?

Di dalam buku catatannya, Pak Alan Turing juga mencatatan cara untuk membuat alat pemecah kode Enigma milik Jerman.

Berkat alat pemecah kode Enigma itu, pihak sekutu bisa mengetahui komunikasi yang dilakukan oleh pihak Jerman, seperti rencana penyerangan terhadap pihak sekutu, rencana penyerangan udara, dan rencana penyerangan laut.

Baca Juga: Bagaimana Kertas Ditemukan?

Jika Pak Alan Turning tidak membuat alat canggih itu, mungkin Perang Dunia II akan berlangsung lebih lama. Semakin lama perang berlangsung, semakin banyak juga pihak yang dirugikan.

Untunglah ada orang pintar dan baik seperti Pak Alan Turning. Namun sayang, Pak Alan Turing meninggal di usia yang belum terlalu tua, yakni 41 tahun.

Dirahasiakan

O iya, orang yang membeli buku catatan Pak Alan Turning itu tidak diketahui identitasnya. Si pembeli meminta identitasnya dirahasiakan. Wah... kita jadi makin penasaran, deh!

Baca Juga: Tips Sehat Menggunakan Komputer

Ilustrasi: Dok. Majalah Bobo, Foto: Creative Commons