Mengenal Terapi Pijat yang Dapat Menghilangkan Pegal di Tubuh

By Yomi Hanna, Selasa, 2 Januari 2018 | 03:32 WIB
Kenapa terapi pijat bisa menghilangkan pegal-pegal? (Hanna Vivaldi)

Bobo.id – Saat badan kita terasa linu atau lelah, pijatan di badan dapat membuat tubuh terasa enak. Mengapa pijatan bisa menghilangkan linu dan pegal-pegal di tubuh, ya?

Tujuan Pijatan di Tubuh

Pijatan pada tubuh kita bertujuan untuk mengendurkan otot, melancarkan peredaran darah, dan membantu mengurangi rasa stres.

Tentunya pemijatan atau pun pengurutan di tubuh tidak boleh dilakukan dengan terlalu keras. Wah, bisa-bisa malah semakin pegal. Dengan pijatan yang tepat, maka badan kita bisa merasa nyaman.

Baca juga : 5 Manfaat Kayang

Pijat untuk Segala Usia

Saat memijat, biasanya si pemijat menggunakan minyak atau balsam tertentu untuk melakukan tugasnya. Pijat bahkan boleh dilakukan untuk segala usia, lo, dari bayi sampai orang yang sudah lanjut usia.

Sudah Ada Sejak Zaman Mesir

Tidak diketahui secara persi siapa penemu terapi pijat ini. Namun, pijat sudah ada sejak zaman Mesir, Yunani, Romawi, dan Tiongkok Kuno. Jadi, usia terapi pijat ini sudah berabad-abad lamanya.

Baca juga : Tidur Setelah Bangun Subuh Bikin Lelah?

Sejak dulu, pijat juga biasa dikombinasikan dengan mengoleskan wewangian dari bunga-bunga, biji-bijian, serta kayu-kayu tertentu.

Khusus di negara Tiongkok, sudah lama dikembangkan terapi akupresur, yaitu akupuntur tanpa jarum. Ahli akupresur biasanya melakukan pijatan dengan ujung jarinya di titik-titik tertentu pada tubuh pasiennya.

Sumber : Majalah Bobo/HGJ