Cara Kupu-kupu Mencari Daun untuk Bertelur

By Aan Madrus, Selasa, 2 Januari 2018 | 06:31 WIB
Kupu-kupu mencari daun yang tepat untuk bertelur. (Aan Madrus)

Bobo.id - Kupu-kupu bertelur di atas dedaunan. Mereka tidak bertelur di sembarang daun. Satu jenis kupu-kupu memiliki satu atau dua jenis tanaman tertentu yang dipilihnya untuk bertelur. 

Tanaman yang dipilihnya itu berdasarkan turun temurun. Misalnya, kupu-kupu jenis A hanya mau bertelur di daun jambu, sedangkan kupu-kupu jenis B hanya bertelur di pohon alpukat. 

Baca juga: Kupu-kupu Ternyata Memiliki Banyak Mata

Telur kupu-kupu itu menetas menjadi ulat jambu yang berbeda bentuk dan warnanya dengan ulat alpukat dan berbeda juga dengan ulat-ulat pohon lainnya.

Meskipun kupu-kupu telah menemukan pohon yang tepat untuk bertelur, kupu-kupu perlu waktu 9 jam untuk menemukan daun yang tepat untuk meletakkan telur.

Baca juga: Kenapa Sayap Kupu-kupu Berwarna? 

Ia terbang dari satu daun ke daun yang lain. Seperti apakah daun yang dicari kupu-kupu? Ada 4 ciri daun yang tepat untuk bertelur!

  1. Daun itu benar-benar berasal dari tanaman yang tepat. Karena daun itu akan menjadi makanan ulat yang nanti akan menetas dari telurnya.
  2. Daun itu harus kering. Daun yang basah kemungkinan akan berjamur. Daun berjamur itu tidak baik untuk ulat.
  3. Daun itu tidak tersorot sinar Matahari langsung. Karena itu bisa membuat telur kupu-kupu menjadi kering dan tak bisa menetas.
  4. Daun itu tidak boleh berlubang bekas gigitan. Karena itu berarti ada serangga lain pemakan daun di situ. Siapa tahu, serangga itu pemakan ulat. Wuih, itu bahaya buat ulat.

Kupu-kupu memilih daun yang tepat dengan menggunakan kakinya. Kupu-kupu punya rambut perasa di kakinya.

Baca juga: 6 Fakta Kupu-kupu yang Jarang Diketahui

Saat kupu-kupu menjejakkan kakinya di permukaan daun, rambut-rambut perasa di kakinya akan menyentuh permukaan daun dan merasakannya. 

Foto: Creative Commons