Hujan Asam Itu Apa, ya?

By Yomi Hanna, Kamis, 4 Januari 2018 | 03:11 WIB
Saat musim hujan, hati-hati dengan kuman penyebab penyakit kulit. (Hanna Vivaldi)

Bobo.id – Apakah teman-teman pernah mendengar istilah hujan asam? Apakah nama ini diberi karena rasa hujannya yang asam, atau karena apa, ya?

Proses Biologis di Tanah

Disebut dengan hujan asam, bukan karena orang mencicipi hujan tersebut lalu terasa asam, lo.

Secara alami, hujan asam (acid rain) dapat terjadi akibat semburan gunung berapi serta akibat proses biologis di tanah, rawa, dan laut.

Baca juga : Kenapa Kita Merasa Panas Saat Akan Turun Hujan?

Terjadi Karena Aktivitas Manusia

Tidak hanya itu, hujan asam ini juga terjadi karena banyaknya kegiatan manusia. Misalnya seperti pembangkit tenaga listrik, pabrik-pabrik, asap kendaraan bermotor, dan banyak aktivitas lainnya.

Hujan Asam yang Membahayakan

Udara yang tercemar oleh bahan-bahan kimia itu pun kemudian terbawa angin dan membubung ke atmosfir. Lalu gas itu bercampur dengan uap air di awan dan kemudian membentuk asam sulfat dan asam nitrat.

Nah, jika kemudian hujan turun, maka timbul lah hujan asam yang bisa mencemari daerah perairan dan perkebunan. Akibatnya, ikan-ikan bisa mati dan pertumbuhan tanaman pun akan terganggu. Duh!

Baca juga : Bagaimana Proses Terjadinya Hujan?

Apa yang terjadi jika hujan asam tidak sengaja mengenai tubuh kita? Ternyata tidak terlalu mengganggu kesehatan. Hanya saja jika ini terjadi terus-menerus, ya berbahaya juga bagi tubuh kita.

Sumber : Majalah Bobo/HGJ