Ice Balls ,si Bola-bola Es

By Aan Madrus, Kamis, 4 Januari 2018 | 08:02 WIB
Bola-bola es (Aan Madrus)

Bobo.id - Danau Michigan adalah salah satu dari  5 danau terbesar di Amerika Serikat. Di danau itu beberapa kali terjadi fenomena yang unik, yaitu munculnya bola-bola es dari dalam air danau.

Bola-bola es itu terombang-ambing dalam air terdorong ombak, kemudian terdampardi pantai.  

Bola-bola es yang dalam bahasa Inggris disebut Ice balls atau Ice boulders itu jumlahnya bisa ratusan, mungkin juga ribuan.

Ukurannya macam-macam. Mulai dari sebesar bola tenis sampai sebesar bola raksasa dengan garis tengah 50 cm. Bola-bola es itu menutupi tepian danau sepanjang beberapa kilometer.  

Baca juga: Bentuk Kepingan Salju Ternyata Berbeda-beda, Lo!

Bola-bola es biasanya muncul di saat musim dingin yang ekstrim, yaitu saat polar vortex atau pusaran angin kutub menciptakan udara yang sangat dingin, nyaris membekukan segalanya.

Baca juga: Apakah Ada Salju di Indonesia?

Banyak orang bingung bagaimana terjadinya bola-bola es itu. Ternyata proses pembentukan bola-bola es itu sederhana sekali. Karena cuaca sangat dingin, di dalam danau terbentuk bongkahan es.

Bila bongkahan es terbelah, potongan es itu akan terputar-putar oleh ombak dan berguling-guling di dalam air yang bergelombang. Meskipun terombang-ambing, potongan es itu tidak meleleh, karena air danau sangat dingin.

Ia terus berputar hingga membentuk bola. Air danau yang dingin menambah besar bola es itu.

Selain di Michigan Lake, fenomena bola-bola es juga terjadi di danau lain di Amerika, Antartika, sepanjang pantai California, dan Rusia.

Baca juga: Penitentes, Bilah-bilah Es yang Tipis dan Runcing

Foto: www.geengineeringwatch.org