Capung Jarum, Serangga Mirip Jarum

By Sylvana Toemon, Rabu, 3 Januari 2018 | 09:45 WIB
Capung jarum (Sylvana Toemon)

Bobo.id –  Capung ini dapat dengan mudah dikenali dari bentuknya. Capung ini bertubuh langsing dan kecil, mirip jarum. Namanya capung jarum.

Baca juga: Siklus Hidup Capung

Mirip Tetapi Berbeda

Secara umum, capung dapat dibedakan menjadi 2, yaitu capung dan capung jarum. Kedua jenis capung ini termasuk dalam ordo Odonata. Capung adalah sub-ordo Anisoptera. Capung jarum termasuk sub-ordo Zygoptera. Meskipun terlihat mirip, ada perbedaan yang jelas antara kedua jenis capung ini. Capung jarum yang kecil ini tidak akan tumbuh menjadi capung besar. Capung jarum memiliki sepasang mata majemuk yang terpisah, sayap depan dan sayap belakangnya sama besar. Pada saat hinggap, capung jarum melipat sayapnya ke atas. Capung jarum yang ada di foto ini adalah capung jarum yang sudah diawetkan di museum serangga.

Baca juga: Capung Betina yang Jago Akting

Penanda Air Bersih

Seperti kebanyakan serangga, sebagian hidup capung jarum dilalui di dalam air sebagai larva. Larva capung jarum biasanya hidup di air bersih yang mengalir lambat. Ada juga yang hidup di rawa-rawa. Larva kecil ini tinggal di tempat yang mendapat cukup sinar Matahari namun teduh, seperti di bawah naungan pohon. Adanya capung jarum di sekitar perairan menandakan air tersebut bersih dan dapat diminum oleh makhluk hidup lainnya.

Baca juga: Capung, Hidup di Sekitar Air

Ada banyak sekali spesies capung jarum. Warnanya pun bermacam-macam. Ada yang biru, merah, hitam, hijau, dan cokelat. Apakah kamu pernah melihat capung jarum?