Laba-laba Air yang Tinggal di Rumah Balon

By willa widiana, Rabu, 3 Januari 2018 | 06:31 WIB
Laba-laba air sedang mengumpulkan gelembung udara. (willa widiana)

Bobo.id – Namanya Argyroneta aquatica, panggilannya laba-laba air. Sesuai dengan nama panggilannya, laba-laba ini tinggal di dalam air.

Rumah Balon

Supaya bisa tinggal di dalam air, laba-laba ini harus membuat rumah balon. Sebelum membuat rumah balon, laba-laba air akan mengumpulkan gelembung udara yang ada di permukaan air terlebih dahulu.

Baca Juga: Tahukah Kamu, Laba-Laba Bukan Serangga?

Gelembung udara itu dikumpulkan menggunakan bulu halus yang ada di perut dan kakinya. Setelah terkumpul, gelembung udara itu akan dipintal menggunakan benang yang dikeluarkan dari tubuh laba-laba. Dan... tada... rumah balon milik laba-laba air pun selesai dibuat.

Baca Juga: Laba-Laba Ini Mirip Pikachu

O iya, selaput benang sutera yang digunakan untuk memintal gelembung udara itu bisa memasukkan oksigen dan mengeluarkan karbondioksida dengan mudah. Berkat kecanggihan benangnya itu, laba-laba air pun tidak perlu mengisi udara terlalu sering. Keren, ya!

Baca Juga: Bagaimana Laba-laba Membuat Jaring?

Aman dan kuat

Berkat rumah balon buatannya, laba-laba ini bisa bernapas dan makan makanannya dengan santai di dalam air. Tak hanya itu, rumah balon ini juga bisa menjauhkan laba-laba dari predator. O iya, rumah balon ini juga bisa dijadikan tempat menyimpan telur dan membesarkan anak-anaknya, lo! Keren, sekali, ya!

Wah... benar-benar keren, ya, laba-laba air ini!

Teks: Lita/Willa, Foto: Creative Commons